25.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Sapi di Aceh Utara Sembuh dari PMK, Pasar Hewan Akan Dibuka Kembali

spot_img

LHOKSUKON | ACEH INFO – Sejumlah sapi yang terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Aceh Utara dikabarkan sembuh total.

Kesembuhan sapi dari wabah PMK berdasarkan data yang didapatkan acehinfo.id dari Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Aceh Utara pada Selasa, 6 September 2022 lalu.

Data yang dikeluarkan pada 31 Agustus 2022 itu menunjukkan dari total 117.800 populasi sapi di Aceh Utara, sekitar 8.212 diantaranya terinfeksi PMK dan sebanyak 8.150 ekor sapi mengalami kesembuhan setelah divaksinasi, 49 ekor mati dan 13 ekor dipotong paksa.

Kepala Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Aceh Utara, Lilis Indriansyah saat dikonfirmasi acehinfo.id pada Kamis, 8 September 2022 menjelaskan, kesembuhan tersebut tidak lepas dari upaya semua elemen melakukan vaksinasi.

“Upaya yang telah dilakukan yaitu memberikan penyuluhan kepada masyarakat, pengobatan, vaksinasi dan disinfektan. Vaksinasi sudah terealisasi tahap I sebanyak 1.000 dosis dan tahap II yang baru kita terima tanggal 25 Agustus 2022 sebesar 4.800 dosis vaksin PMK dan 1.000 dosis vaksin LSD,” kata Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Aceh Utara, Lilis indriansyah.

Dijelaskan Lilis, meskipun semua sapi sudah sembuh dari PMK, pembukaan pasar hewan masih dalam tahap pengkajian untuk kembali beroperasi.

“Pasar hewan sedang dalam kajian untuk dibuka kembali,“ papar Lilis.[]

PEWARTA: MAULIDI ALFATA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah