29.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Sedapnya Berbuka Puasa dengan Kepiting Gulai Ala Singkil

Kepiting gulai merupakan salah satu menu terkenal di rumah makan Kinimiko Dou, Singkil. Berbuka puasa dengan kepiting penuh lelehan kuah itu sungguh sangat menggugah selera. Lokasinya ada di Jalan Singkil Rimo, Desa Gosong, Telaga Barat, Kecamatan Singkil Utara.

Kabupaten Aceh Singkil tidak hanya terkenal dengan panorama keindahan alamnya, terutama rawa dan pantai, tapi juga kulinernya, salah satu kuliner khas yang sudah sangat popular di sana adalah kepiting masak khas Singkil.

Kepiting yang digunakan dalam masakan kepiting khas Singkil ini merupakan kepiting bakau (scylla serrate) sering juga disebut sebagai giant mangrove crab atau giant mud crab. Ukuran kepiting yang dimasak juga merupakan kepiting jumbo alias kepiting dengan ukuran besar. Praktis, ketika dihidangkan ke meja makan, ukuran kepiting dengan ukuran piringnya beda-beda tipis.

Baca Juga: Kuah Eungkot Keureulieng Kuliner Para Raja

Tentu melihat lelehan kuah dan cangkang besar di atas piring, selera dan adrenalin pelanggang akan terpacu untuk menyantapnya. Tapi jangan coba-coba untuk mereka yang berkolesterol tinggi, bisa-bisa kepala Anda akan pening setelah menyantapnya.

Bagi yang tidak suka kepiting gulai, bisa memesan kepiting rebus, rasa dan kualitasnya dijamin menggoyang lidah, meski pelanggan harus membayarnya dengan harga yang agak mahal.

Kepiting Singkil memang sudah lama terkenal, bahkan rumah makan di Medan, Sumatera Utara yang menyediakan menu kepiting, sebagian besar menyajikan kepiting yang dibeli dari Aceh Singkil. Hal itu dikarenakan daging kepiting asal Singkil lebih enak jika dibandingkan dengan daging kepiting dari daerah lain, daging kepiting Aceh Singkil padat dan manis, ukuran kepiting Aceh Singkil juga bisa mencapai dua kilogram (2 kg) per ekor. Jadi, bagi penyuka kepiting pasti kepincut dengan kepiting ukuran jumbo tersebut.

Baca Juga: Nikmatnya Berbuka Puasa dengan Eungkot Paya

Racikan bumbu masakan kepiting Singkil ini juga menghasilkan cita rasa khas, meski cara mengolah dan memasak kepiting, tapi bumbu racikan khusus yang dipakai membuat aroma dan cita rasa khas masakan kepiting yang disajikan jadi berbeda.

Perbedaan rasa itu membuat rumah kuliner kepiting khas Singkil semakin terkenal dan menjadi icon khas kuliner Aceh Singkil. Anda kepincut? Silahkan ke Singkil untuk mencobanya.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI