25.4 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Sejumlah Warga Aceh Timur Diduga Terpapar Gas PT Medco

spot_img

IDI RAYEUK | ACEH INFO – Sejumlah warga Dusun TB 4 Gampong Blang Nisam, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur, Kamis, 15 Desember 2022, diduga terpapar gas PT Medco.

Akibat kejadian itu, seorang warga Nurlela (39), harus dirawat di Puskesmas karena merasakan pusing, mual, sesak nafas dan muntah.

Komite Peralihan Aceh (KPA) atau Panglima Sagoe Alue ie Mirah, Irwansyah, membenarkan hal tersebut. Atas kejadian itu dirinya meminta pihak manajemen Medco E&P Malaka bertanggung Jawab.

Pria yang akrab disapa pak Guru ini juga mengingat pihak Medco E&P Malaka untuk lebih serius menangani terkait masalah bau gas.

“Kepada pihak Medco Energi as C PP blok aAuntuk lebih serius menangani terkait masalah bau gas yang selama ini terpapar di seputaran operasional kilang gas tersebut,” ucapnya kepada wartawan.

Kata Irwansyah, seharusnya perusahaan memiliki upaya seperti penyuluhan emergency dan penyediaan alat PPPK dan sejenisnya untuk antisipasi penangan awal di setiap rumah warga yang sering terkena terpapar bau gas dari kilang gas tersebut.

Sementara itu, VP Relations & Security PT Medco, Arif Rinaldi, ketika dihubungi acehinfo.id terkait kejadian itu, menyampaikan bahwa PT Medco E & P Malaka (Medco E&P) telah merespon laporan warga tentang adanya kebauan di sekitar area operasi Blok A, Aceh Timur.

Perusahaan juga telah berkoordinasi dengan instansi kesehatan setempat untuk penanganan warga yang membutuhkan perawatan kesehatan lebih lanjut.

Selain itu, perusahaan telah menurunkan tim Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan ke lokasi kejadian dan memberikan penanganan kesehatan kepada warga.

Lanjutnya, perusahaan juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait. Dan, saat ini tengah melakukan perawatan fasilitas produksi di Central Processing Plant dalam upaya menjaga kehandalan operasi,” terangnya.

“Perusahaan berterima kasih atas laporan warga dan akan berkoordinasi lebih lanjut dengan BPMA, DLH dan instansi terkait untuk penanganan laporan ini,” pungkasnya.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI