27.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Sekjen PBB: Dunia Dalam Bahaya

spot_img

JAKARTA | ACEH INFO – Sekjen PBB Antonio Guterres menyoroti kondisi dunia yang menurutnya dalam bahaya. Guterres menyinggung kesenjangan geopolitik yang merusak tatanan.

Hal itu disampaikan Guterres dalam High-Level Week Sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (20/9/2022). Guterres menyebut kesenjangan geopolitik merusak kerja Dewan Keamanan PBB, merongrong hukum internasional, merongrong keyakinan dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga demokrasi dan merusak segala bentuk kerja sama internasional.

“Kita tidak bisa terus seperti ini,” kata Guterres.

Guterres juga menyoroti negara-negara anggota G20 yang juga disebutnya memiliki masalah kesenjangan geopolitik. Guterres khawatir pada akhirnya dunia berakhir dalam hubungan ‘G-nothing’.

Bahkan berbagai kelompok yang dibentuk di luar sistem multilateral oleh beberapa anggota masyarakat internasional telah jatuh ke dalam perangkap kesenjangan geopolitik, seperti G-20.

“Sekarang kita berisiko berakhir dengan G-nothing,” ujar Guterres.

“Tidak ada kerja sama, tidak ada dialog, tidak ada pemecahan masalah kolektif,” kata dia.

Guterres menegaskan logika kerja sama dan dialog adalah satu-satunya jalan ke depan untuk menyelesaikan tantangan global.

“Kita membutuhkan koalisi dunia,” katanya.

Guterres juga menyoroti kondisi negara berkembang yang dihantam dari semua sisi. Dia menyebut yang dibutuhkan saat ini yakni aksi bersama.

Guterres menyerukan peluncuran stimulus SDG (Sustainable Development Goals) dipimpin G20 untuk mendorong pembangunan berkelanjutan bagi negara-negara berkembang secara besar-besaran.

“KTT G20 mendatang di Bali adalah tempat untuk memulainya,” kata Guterres.[] Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah