25.4 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Sekretaris PKB Aceh Nilai Sistem Proporsional Tertutup Kembali ke Masa Orde Baru

spot_img

BANDA ACEH – Sekretaris Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Aceh, Munawar AR, menolak wacana penerapan kembali sistem proporsional tertutup dalam Pemilu 2024.

Munawar menilai, sistem proporsional tertutup sama saja kembali kepada masa Orde Baru.

“Apabila hanya memilih parpol, kami menilai sama saja memangkas kedaulatan rakyat,” sebut Munawar, Sabtu, 7 Januari 2023.

Menurut Munawar, nilai demokrasi yang sudah dibangun selama ini akan hilang. Padahal, sudah menjadi kewajiban semua untuk terus merawat dan mengawal pembangunan demokrasi agar lebih maju.

“Jika ada kekurangan tentu hanya tinggal kita perbaiki,” ujarnya.

Lanjut Munawar, saat ini partainya sedang mempersiapkan untuk meraih kemenangan pada Pemilu 2024 mendatang. Bahkan, sebelumnya juga telah menargetkan 100 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota (DPRK) di Aceh.

Selain itu, PKB Aceh juga sudah membuka pendaftaran bakal calon legislatif. Hingga saat ini yang mendaftar untuk DPR RI di dua Dapil Aceh melebihi alokasi kursi.

Untuk DPR Aceh, dari 10 Dapil, 8 Dapil di antaranya telah penuh oleh bakal calon legislatif yang mendaftar melalui laman Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB Aceh. Sedangkan untuk DPRK sudah mencapai 50 persen pendaftar.

“Sehingga nanti ketika proses pendaftaran calon legislatif di Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau Komisi Independen Pemilihan (KIP) kita sudah siap,” pungkasnya.[]

Editor : Izal Syafrizal
Sumber: RMOL.ID

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI