26.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Selama Juli 2022, IAIN Langsa Miliki Dua Profesor

LANGSA | ACEH INFO – Selama Juli 2022, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa telah memiliki dua orang Profesor (Guru Besar), yakni Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA dan Prof. Dr. Iskandar Budiman, MCL yang baru saja ditetapkan sebagai Guru Besar Bidang ilmu Fiqih Mu’amalah oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Basri, MA, Kamis, 28 Juli 2022, menyampaikan apresiasi kepada dosen IAIN Langsa Prof. Dr. Iskandar Budiman, MCL yang meraih Guru Besar Bidang Ilmu Fiqih Mu’amalah.

Rektor menjelaskan, Guru Besar merupakan Jabatan Akademik tertinggi tenaga pengajar pada perguruan tinggi (UU No. 2 tahun 2005) tentang Guru dan Dosen. Artinya jabatan fungsional Guru Besar hanya dapat diperoleh oleh dosen yang masih aktif mengajar di perguruan tinggi.

“Gelar Guru Besar diperoleh bagi dosen yang telah memiliki kualifikasi akademik yang telah ditentukan menurut peraturan Perundangan-Undangan yang berlaku,”imbuh Rektor.

Rektor menyebutkan, Guru Besar pada hakikatnya seorang pendidik di perguruan tinggi sekaligus peneliti yang hasil penelitiannya menjadi wujud kongkrit pengabdian bidang akademis yang dapat dimanfaatkan untuk kemanjuan pendidikan, meningkatkan kualitas hidup dan pembentukan peradaban umat.

“Alhamdulillah pada IAIN Langsa telah memiliki Guru Besar kedua, yang profesional keilmuannya dibidang Fiqih Muamalah, adalah Prof. Dr. H. Iskandar Budiman, M. Sc. Dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Langsa yang mempunyai tugas tambahan sebagai dekan pada fakutas tempat pengabdiannya,” terang Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, sebagai dosen dengan gelar akademik tertinggi ini memiliki kewajiban khusus untuk melahirkan karya ilmiah serta memperluas gagasannya untuk mencerahkan kehidupan masyarakat, dan istimewanya Guru Besar akan memiliki karya ilmiah monumental dibidang keahliannya, untuk merespon tuntutan perkembagan ilmu pengetahuan dan menjawab persolan umat.

“Sebagai Rektor beserta seluruh sivitas akademika IAIN Langsa menjadi sebuah kebangggaan dan kemajuan lembaga dengan bertambah Guru Besar pada IAIN Langsa, maka kami menyampaikan apresiasi dan pengahargaan yang setinggi-tingginya,” ungkap Rektor

Tambahnya, Guru Besar Fiqih Muamalah sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai daerah pelaksanaan syarakat Islam dalam segala sendi kehidupan masyarakat. Apalagi dengan implementasi Lembaga Keuangan Syariah (LKS) melalui Qanun Nomor 11 Tahun 2018, tentang Lembaga Keuangan Syariah.

Kehadiran Guru Besar Fiqih Muamalah sangat penting dan dinanti-natikan oleh seluruh elemen masyarakat Aceh dan Indonesia pada umumnya, untuk merespon berbagai persoalan yang berkembangan kaiatannya dengan keuangan syariah .

“Guru Besar menjadi kebanganggaan perguruan tinggi, menaruhkan harapan menjadi lebih maju, berkembang dan menuju unggul,” tutur Dr. H. Basri, MA.

Editor: M. Agam Khalilullah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI