Newspaper Theme

INFO POPULAR

Senator Fachrul Razi Perkenalkan Sekolah Ideopolstratak HMI untuk Peserta LK2 HMI Cabang Takengon

Sponsored byKetua PSBI Aceh

TAKENGON I ACEH INFO – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Takengon melaksanakan Latihan Tingkat Nasional atau Latihan Kader (LK) II tingkat Nasional, di Takengon, Selasa (28/12/2021).

Latihan Kader (LK) II mengangkat tema “Memperkuat Kesadaran Idealisme dan Nalar Kritis serta Kualitas Analisis Kader HMI Dalam Menyikapi Masalah Kebangsaan.

Dalam LK II HMI Cabang Takengon yang berlangsung 18-27 Desember tersebut, turut mengundang Narasumber Ketua Bidang Majelis Nasional KAHMI yang juga Senator Asal Aceh Fachrul Razi.

Saat mengisi materi kepada peserta, Senator Fachrul Razi memperkenalkan Sekolah Ideopolstratak HMI kepada peserta LK II. 

“Mengingat pentingnya bekal bagi seorang kader HMI dalam melaksanakan perjuangan Ideologi, Politik Organisatoris, strategi dan taktiknya kelak. Maka untuk mencapai harapan bangsa ini HMI juga ikut serta dalam menjunjung martabat Bangsa Indonesia yang majemuk ini. Sehingga didalam Organisasi HMI sendiri memerlukan Sekolah IDEOPOLSTRATAK (Ideologi) , Politik, Strategi dan Taktik) supaya Kader-kader HMI dapat menguasai dan memposisikan dirinya dalam sebagai petarung milenial dalam situasi politik yang penuh dengan hegemoni dan oligarki dalam menyelamatkan martabat bangsa,” ujar Senator Fachrul Razi yang juga Ketua Komite I DPD RI.

Lanjut Alumni Ilmu Politik Universitas Indonesia, karakteristik khas pola gerakan HMI sejak awal berdirinya adalah memberikan warna gerakan politik di nasional secara dinamis. Menurut Fachrul Razi, kader HMI harus memiliki kecerdasan berpolitik di era milenial. 

“Berpolitik bagi HMI adalah suatu keharusan, sebab untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan HMI harus dilakukan secara menguasai kecerdasan politik dan kecerdasan intelektual kader dalam menghadapi era disrupsi,” jelasnya.

Menurut Fachrul Razi, Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi suatu aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Didalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.

Fachrul Razi menambahkan, strategi berbeda dengan taktik yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat, walaupun pada umumnya orang sering kali memadukan ke dua kata tersebut. 

Contoh menggambarkan perbedaannya, “Strategi dan taktik yang tepat akan menghasilkan pemenang, jika salah satu salah, maka akan menghasilkan kekalahan, di HMI tidak ada kata kalah, namun tujuan sebenarnya adalah kemenangan hakiki,” pungkas Fachrul Razi yang juga Master Ideopolstratak di HMI.

Sekolah Ideopolstratak ini menurut Fachrul Razi, ke depan akan dikembangkan di seluruh Cabang HMI di seluruh Indonesia. 

“Kader HMI harus jadi petarung dan pemenang, dengan cara menguasai ideologi, politik, strategi dan taktik hingga mengusai geopolitik dan geostrategi dunia global sekarang di era demokrasi dan disrupsi teknologi,” jelas mantan aktivis HMI Cabang UI Depok ini.

segera kami akan menyiapkan konsep dan modul sekolah Ideopolstratak bagi kader HMI di seluruh Indonesia dengan dukungan kader-kader HMI yang di dalam pengurus Majelis Nasional KAHMI.  

EDITOR : FERIZAL HASAN 

TERKINI