30.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Sepekan Tak Ditemukan, Tim SAR Hentikan Pencarian Korban Tenggelam di Ujung Batee

BANDA ACEH | ACEH INFO – Tim gabungan akhirnya memutuskan untuk menghentikan pencarian remaja laki-laki yang tenggelam di Pantai Ujung Batee, Gampong Durung, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Keputusan itu dilakukan setelah tim melakukan penyisiran laut dan darat selama sepekan sejak Muhammad Romodhon (13), warga Perumnas Ujung Batee, dinyatakan hanyut dan tenggelam, pada Selasa, 12 Juli 2022 sekira pukul 16:00 WIB.

“Operasi dihentikan setelah tujuh hari kita melakukan pencarian,” kata Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh, Ibnu Harris Al Hussain, pada Selasa, 19 Juli 2022.

Selama proses pencarian, tim SAR telah menyisir wilayah laut hingga 50 nautical mile (NM) atau mil laut menggunakan perahu karet.

Sementara di darat, pencarian dilakukan sampai tujuh kilometer dari last know position (LKP) atau lokasi terakhir korban.

“Penyisiran laut kita laksanakan bersama seluruh unsur terkait menggunakan rubber boat (perahu karet) milik Basarnas dan Polair, serta menggunakan RIB milik Polair, dibantu masyarakat serta boat (kapal motor) nelayan,” ujarnya.

Sehubungan dengan itu, proses pencarian sempat mengalami kendala dikarenakan cuaca yang melanda terbilang ekstrim dalam beberapa hari terakhir.

“Cuaca, mulai dari ombak besar, laut yang kurang bersahabat, angin kencang dan arus laut yang sulit diprediksi,” imbuh Harris.

Meski demikian, proses pencarian akan dilakukan kembali jika didapatkan tanda-tanda keberadaan korban. Tidak hanya itu, status korban juga ditingkatkan menjadi hilang.

“Saat ini status korban dinyatakan hilang,” ucap Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh.

Harris mengimbau masyarakat untuk menghubungi Kantor Basarnas Banda Aceh ke nomor 33876 apabila mendapatkan informasi atau melihat serta mengetahui keberadaan korban.

“Kita berharap korban dapat ditemukan,” tutupnya.

Adapun tim yang bergabung dalam proses pencarian, yakni Kantor Basarnas Banda Aceh, Kepolisian Sektor (Polsek) Mesjid Raya, dan Koramil Mesjid Raya.

Selanjutnya, Korps Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Aceh, Kepolisian Perairan dan Udara (Pol Airud) Polda Aceh, Pemadam Kebakaran (Damkar) Ujung batee, serta masyarakat.

Sebelumnya diberitakan, seorang remaja terseret arus dan tenggelam di Pantai Ujung Batee, Kabupaten Aceh Besar, pada Selasa, 12 Juli 2022. Ketika kejadian, korban mandi di lokasi bersama teman-temannya.[]

PEWARTA: MUHAMMAD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah