28 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Siap-siap, Dunia Virtual Dimulai di Indonesia

JAKARTA | ACEH INFO –  Perkembangan teknologi yang semakin memasif, membuat semua sektor kehidupan semakin berbeda. Perkembangan teknologi 4.0 dan 5.0 menjadikan digitalisasi kehidupan, termasuk lahirnya Metavers. Metaverse merupakan realitas virtual bersama yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata.

Konsep virtual yang penggunanya memiliki akses ke avatar digital yang memungkinkan mereka hidup, beraktivitas, dan berinteraksi satu sama lain selayaknya dalam kehidupan sehari-hari di dalam dunia digital tersebut.

Indonesia sendiri sudah memiliki alternatif Metaverse itu sendiri, yaitu Jagat Nusantara, yang platform digital berbasis interaksi sosial di dunia virtual menghadirkan Indonesia dalam bentuk virtual.

Founding Chairman Jagat Nusantara, Wishnutama Kusubandio, dalam laporannya menjelaskan teknologi sangat dibutuhkan dalam dalam kehidupan saat ini yang didominasi oleh digitalisasi, anak muda harus siap berkompetisi dan menangkap peluang dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, melalui Jagat Nusantara ini pihaknya berupaya untuk mewujudkan kompetisi melalui kreativitas dan inovasi.

“Sebuah platform social immersive berbasis web dan mobile yang menghubungkan pengguna dengan dunia virtual. Kita bisa bilang ini the next generation of social media, hasil kerja keras dan kolaborasi anak-anak muda kita,” jelasnya.

Penulusuran acehinfo.id melalui halaman resmi presidenri.go.id Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat melakukan peluncuran pertama Jagat Nusantara di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, pada Jumat, 28 Oktober 2022, mengatakan platform tersebut akan menjadi peluang dan kesempatan untuk berbagi ilmu.

“Jagat Nusantara juga akan menjadi peluang dan kesempatan untuk berbagi ilmu dan bertemu dengan orang-orang hebat dari seluruh penjuru Indonesia bahkan di dunia. Selain itu, juga memberikan kesempatan untuk memperkenalkan produk-produk kebanggaan Indonesia secara global,” ujar Jokowi.

Jokowi melalui Jagat Nusantara yang ditampilkan dalam versi avatar mengajak para peserta memasuki Ibu Kota Nusantara (IKN) versi digital. Dalam video tersebut, Presiden Jokowi juga mengajak para generasi muda untuk bersatu, bertepatan dengan momen Hari Sumpah Pemuda.[]

PEWARTA: MAULIDI ALFATA

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI