25.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Sistem IPAL RSUD Sabang Perlu Perbaikan

spot_img

SABANG | ACEH INFO – Sistem instalasi pembuangan air limbah (IPAL) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sabang perlu diperbaiki. Selain itu, sistem pelayanan di rumah sakit plat merah itu juga perlu ditingkatkan agar warga pasien mendapat kepuasan saat berobat.

Hal tersebut diketahui setelah Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang, Andri Nourman, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Sabang, Rabu, 11 Januari 2023. Sidak ini bertujuan untuk meningkatkan aspek pelayanan kepada masyarakat di kota kepulauan tersebut.

Selanjutnya, kunjungan Plt. Sekdako Sabang ini juga untuk memastikan seluruh pelayanan yang ada pada setiap unit di rumah sakit sudah berjalan dengan baik sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Dalam sidaknya, Andri Nourman bersama Asisten Administrasi Umum, Rinaldi Syahputra dan Kabag Prokopim Setdako Sabang, Ady Akmal Shiddiq langsung menuju loket pendaftaran pasien. Dimana Plt. Sekda menanyakan kepada petugas mengenai prosedur pelayanan dan rujukan, mengecek jumlah tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD, serta meninjau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Andri Nourman mengatakan segala urusan dalam hal pelayanan publik harus dipersiapkan secara cermat, termasuk pelayanan kesehatan di RSUD Sabang. Karena rumah sakit adalah tumpuan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

Baca: Sabang Mulai Verifikasi dan Validasi Kemiskinan Ekstrem

“RSUD harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Maka ada beberapa hal harus benar-benar ditingkatkan dan dijaga keberlangsungannya. Kita akan mulai dari perbaikan jaringan di loket pendaftaran dan IPAL, dan juga termasuk pelayanan lainnya,” kata Andri Nourman.

Sistem Ipal Rsud Sabang Perlu Perbaikan
Foto: istimewa

Menurutnya, terkait sistem antrean dan segala hal yang berhubungan dengan jaringan, salah satu upaya yang dapat dilakukan pihak RSUD adalah dengan bekerjasama dengan Diskominfo, dalam memperkuat jaringan dan memperbaiki hal-hal yang perlu segera dituntaskan.

“Terkait penanganan limbah, tadi juga sudah meninjau IPAL, dan ternyata ada yang perlu dan harus segera dilakukan perbaikan. Sehingga sistem sirkulasi limbah padat maupun cair bisa dilakukan segera dan pembuangannya dapat disalurkan keluar, sesuai dengan prosedur yang ada,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Kota Sabang terus mendorong sarana publik di Kota Sabang agar dapat dinikmati masyarakat khususnya di rumah sakit dan pelayanan umum lainnya.

“Saya juga mengapresiasi teman-teman di RSUD yang telah berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik dengan segala keterbatasan yang ada. Yang pasti ini perlu terus kita tingkatkan, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang terbaik dan cepat,” ujarnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI