25.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Smartphone Wartawan Dirusak Saat Siaran Live Demo di DPR Aceh

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Smartphone dua wartawan dirusak saat sedang meliput demonstrasi penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di DPR Aceh, Banda Aceh, Rabu, 7 September 2022. Diduga pengrusakan tersebut dilakukan oleh oknum polisi berpakaian preman.

Saat kejadian, Indra Wijaya wartawan Serambi Indonesia, mengaku sedang live report ketika seorang peserta aksi diamankan petugas. Tiba-tiba smartphone yang dipegang menggunakan tangan kiri tersebut dipukul.

Selain Indra, handphone Rezi, wartawan dari nukilan.id, juga dirampas dan dilempar oleh oknum diduga intel yang bertugas menjaga aksi demonstrasi.

Aksi pengrusakan alat kerja wartawan ini mendapat respon serius dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh. Organisasi profesi jurnalis ini bahkan mengecam setiap kekerasan terhadap jurnalis baik merampas maupun merusak alat kerja jurnalis.

“Pengrusakan alat kerja jurnalis adalah bagian upaya penghalangan kerja jurnalistik sebagaimana diatur dalam UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers pada Pasal 18 ayat 1,” tegas Ketua AJI Banda Aceh, Juli Amin.

AJI Banda Aceh mengimbau semua pihak untuk memahami dan menghargai kerja jurnalistik yang merupakan perwujudan dari pemenuhan hak masyarakat untuk memperoleh informasi. “Bila jurnalis dihalang-halangi, hal itu berarti menghalangi pula hak masyarakat untuk mendapatkan informasi,” lanjut Juli Amin yang didampingi Kepala Divisi Advokasi, Rahmat Fajri.

Untuk itu, AJI Banda Aceh meminta Kapolda dan jajarannya untuk menindak tegas anggotanya yang telah merusak alat kerja jurnalis saat melaksanakan tugas.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah