26.7 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Sport Tourism, 83 Peserta Tour de Aceh Kelilingi Laut Tawar

TAKENGON | ACEH INFO – Sebanyak 83 pembalap dan pehobi sepeda yang ikut dalam Tour de Aceh 2022 etape pertama, menjelajah lintasan sepanjang 48,7 kilometer mengelilingi Laut Tawar, Sabtu, 14 Mei 2022.

Pelepasan peserta yang masuk dalam kategori Mountain Bike (MTB) dan Road Bike itu dilakukan Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar bersama Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, T Hendra Faisal dan Wakapolres Aceh Tengah Kompol Erwin Aldo di halaman Pendopo Bupati.

Usai dilepas dari garis start, peserta langsung melaju ke arah danau Laut Tawar. Sepanjang lintasan peserta melewati beberapa destinasi di sana seperti landmark danau Laut Tawar di Desa Mendele, Putri Pukes, spot camping di pinggir danau, Pantai Ketibung, Pantai Menye hingga Gampong Toweran.

Baca Juga: Bertemu Sandiaga Uno Ini Harapan Wakil Bupati Aceh Utara

T Hendra Faisal usai pelepasan peserta menjelaskan, event Tour de Aceh 2022 bukan hanya jadi ajang balap sepeda semata, tapi juga bagian dari pengembangan untuk menggalakkan pariwisata olahraga yang ada di Aceh.

“Ajang ini bagian dari sport tourism sekaligus mengenalkan kepada para peserta akan keindahan alam yang ada di Aceh Tengah. Kita lihat tadi para peserta sangat menikmati dan menikmati balapan, apalagi sport tourism merupakan atraksi wisata yang juga perlu dikembangkan untuk mendukung dunia pariwisata dan Aceh Tengah secara khusus pasca covid-19 melanda,” jelasnya.

Hendra menambahkan, Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh menempatkan pariwisata sebagai salah satu sektor yang mendapat prioritas untuk dikembangkan ke depan, dan akan menerapkan komponen 3A untuk membangun sektor pariwisata ini, yaitu aksesibilitas, amenitas dan atraksi.

“Penguatan tiga komponen yang kita harapkan dapat menjadikan Aceh sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman dan menawan. Selanjutnya etape kedua, event ini akan digelar di Banda Aceh dan Aceh Besar dengan panjang rute sejauh 38 km pada Senin, 16 Mei 2022,” pungkasnya.[]

EDITOR         : ISKANDAR NORMAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI