24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Syech Fadhil: Alam Peudeung Simbol Kejayaan Islam di Aceh

BANDA ACEH| ACEHINFO – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, mengaku bangga memakai peci Alam Peudeung pada setiap kunjungan di Aceh.

Keberadaan peci Alam Peudeung di kepala pria yang akrab disapa Syech Fadhil ini selalu menarik perhatian warga. Salah satunya saat menghadiri kegiatan maulid nabi di SMA Negeri 1 Kuta Baro Aceh Besar serta sejumlah tempat lainnya pada Selasa 15 November 2022.

“Ini bendera Alam Peudeung. Bendera kerajaan Aceh yang pernah mencapai puncak kejayaannya di masa lalu dengan syariat Islam-nya,” ujar senator yang memiliki puluhan anak asuh di Aceh ini.

“Saya bangga memakai peci Alam Peudeung. Makanya kemana selalu dengan peci ini. Bagi saya, ini merupakan simbol indentitas ke-Aceh-an,” kata senator ini lagi saat ditanya oleh sejumlah warga soal Alam Peudeung.

“Ini juga sebagai alasan mengapa saya terjun ke dunia politik. Karena kita ingin berjuang untuk Aceh, dan bicara Aceh pasti tak terlepas dengan islamnya,” ujar senator yang dekat dengan kalangan ulama di Aceh ini lagi.

Di acara maulid nabi Muhammad Saw yang diselenggarakan oleh SMAN 1 Kuta Baro, peci Alam Peudeung juga dipakai oleh anggota DPRK Aceh Besar, H. Azwar Muhammad Lc MA, dari Partai Gerindra.

Baik Azwar Muhammad maupun Syech Fadhil merupakan alumni Universitas Al Azhar Kairo, Mesir. Keduanya kompak memakai peci Alam Peudeung saat hadir pada acara tersebut.

Sebelumnya, Ustadz Abdul Somad (UAS) juga sempat memakai peci Alam Peudeung saat berkunjung ke Aceh, beberapa waktu lalu.

Keberadaan peci Alam Peudeung kemudian viral dan banyak warga yang memakai peci tersebut sebagai simbol indentitas ke-Aceh-an.

Sejumlah warga juga tak segan meminta peci Alam Peudeung milik Syech Fadhil saat bertemu.

“Saya sudah lama mencari peci Alam Peudeung dan ingin memakainya. Kalau dikasih, saya ingin memakainya saat salat berjamaah di masjid,” ujar Wawan, salah seorang warga yang bertemu dengan Syech Fadhil, di kawasan Neusu, Kota Banda Aceh, Selasa siang 15 November 2022.

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI