26.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Tak Ikut MUI, Simeulue Iduladha 1443 Besok

spot_img

SIMEULUE|ACEHINFO – Pemerintah Kabupaten Simeulue menetapkan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022. Keputusan itu sesuai surat edaran yang dikeluarkan bupati Simeulue.

Surat Nomor: 451.1/1362/2022 Tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 M di Kabupaten Simeulue tersebut, dikeluarkan pada 4 Juli 2022 di Sinabang dan ditandangani oleh Bupati Simeulue, Erli Hasim.

Adapun isinya membahas mengenai alasan Pemkab Simeulue yang berbeda dalam menetapkan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah dengan penetapan dari Pemerintah Pusat. Secara nasional penetapan lebaran jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.

Di surat itu dijelaskann, bahwa Pemerintah Kabupaten Simeulue bersama ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) serta BPHBI setempat, telah melakukan musyawarah, pada 4 Juli 2022.

Musyawarah yang digelar di Pendopo Bupati Simeulue tersebut membahas tentang pelaksanaan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Hasil musyawarah ditetapkan bahwa, pelaksanaan Hari Raya Iduladha, 10 Dzulhijah 1443 Hijriah ditetapkan pada Hari Sabtu, 9 Juli 2022. Selanjutnya, pelaksanaan Salat Iduladha dapat dilaksanakan di masjid dan lapangan terbuka.

Terakhir disebutkan, kumandang takbir, tahlil, dan tahmid dapat dilaksanakan di masjid atau menasah dengan tidak melaksanakan pawai takbiran keliling.

Surat ini ditujukan kepada seluruh para kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK), camat, kepala desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Simeulue.

Terkait surat edaran tersebut, dibenarkan oleh Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Simeulue, Romaidon Darma, saat dikonfirmasi, Acehinfo.id, pada Jumat, 9 Juli 2022.

“Sesuai yang tertulis dan arahan pimpinan. Jadi sesuai yang disampaikan dari surat edaran itu,” kata Romaidon.

Sementara itu, untuk pelaksanaan Salat Iduladha tingkat kabupaten dipusatkan di Masjid Agung Teungku Khalilullah, Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh.[]

PEWARTA: MUHAMMAD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah