25.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Tanggul Krueng Langsa di Gampong Seulalah Baru Jebol, Kepala BPBD Imbau Warga Pindah

spot_img

LANGSA | ACEH INFO –  Tanggul Krueng Langsa di Dusun Melati Gampong Seulalah Baru Kecamatan Langsa Lama jebol, akibat terkikisnya bantaran sungai yang disebabkan banjir beberapa waktu lalu.

Amatan Acehinfo.id, Senin, 8 Agustus 2022, tanggul tersebut pecah sekira 10 meter lebih dengan gerusan sekira lima meter dari tepi sungai. Sementara jarak pecahnya tanggul ke pemukiman warga sekitar 15 sampai 20 meter.

Warga gampong setempat, Pani (26) kepada acehinfo.id, mengatakan tanggul ini pecah akibat erosi beberapa waktu lalu yang disebabkan hujan lebat.

Akibat pecahnya tanggul ini, dirinya dan warga lainnya merasa khawatir apabila tidak segera diperbaiki, karena bisa makin meluas dan menggerus tanah hingga menghantam bagian belakang rumah warga, apalagi saat air sungai meluap.

Sementara itu, Geuchik Seulalah Baru, Zainal Arifin, mengatakan bahwa pihaknya akan segera berkoordinasi dengan dinas untuk diperbaiki.

“Kami akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait. Karena tidak mungkin cukup bila hanya mengandalkan Dana Desa untuk memperbaikinya,” kata Zainal Arifin.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langsa, Nursal Saputra mengimbau kepada warga bantaran sungai agar segera pindah.

“Kami telah berkoordinasi dengan PU Kota Langsa dan Provinsi. Dan, meminta masyarakat di bantaran sungai untuk pindah ke tempat yang lebih aman,” ujar Nursal.

Menurutnya, sungai menjadi kewenangan pemerintah Provinsi Aceh, maka perlu melakukan koordinasi meski apabila ada permasalahan akan tetap dilakukan penanganan.

“Karena sungai kewenangan provinsi, kita tetap mengajukan penanganan untuk tanggul yang dihantam erosi,” pungkas Nursal.

 

Kontributor :Dedek

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah