25.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Tarif Angkutan Umum di Aceh Resmi Naik 25 Persen

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Tarif angkutan umum antar kota maupun lintas provinsi yang beroperasi di Aceh resmi naik 25 persen. Penetapan tarif baru itu merupakan dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Sabtu, 3 September 2022 lalu.

“Akhirnya saya memutuskan, kita naikkan saja 25 persen,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Provinsi Aceh, Ramli, pada Selasa, 13 September 2022.

Sejak pemerintah umumkan kenaikan harga BBM, Ramli menyampaikan, banyak masyarakat yang menanyakan terkait tarif angkutan umum baik antara kota dalam provinsi (AKDP) maupun antar kota antar provinsi (AKAP).

Merespon pertanyaan tersebut, ia lalu menyurati Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organda kabupaten kota untuk segera membuat rapat dengan perusahaan-perusahaan angkutan umum setempat. Tujuannya, untuk mengetahui berapa tarif yang bakal dinaikan kala itu.

Hasil rapat pertama antara pengurus DPD dan DPC Organda, tarif dinaikkan 30-32 persen sesuai dengan kenaikan harga BBM dalam perkiraan. Meski demikian, keputusan saat itu hanya bersifat sementara.

“Dikarenakan kalau kita langsung naikkan takutnya nanti penumpang tidak ada. Kedua, kita kasihan dengan masyarakat dengan keadaan seperti ini,” jelasnya.

Keputusan final tarif angkutan umum ditetapkan usai pihak Organda bermusyawarah dengan sejumlah pihak terkait lainnya. Hasilnya ditetapkan bahwa tarif naik hanya 25 persen dari harga sebelumnya.

Kenaikan itu diakui Ramli masih terbilang tinggi, namun demikian ia mengaku jika penetapan tarif tersebut sudah sesuai keputusan bersama yang mulai diberlakukan sejak Senin, 12 September 2022.

“Kita anjurkan kepada semua angkutan tolong ikuti ini. Karena kita bukan sepihak, bukan Organda saja yang memutuskan tetapi kebersamaan, an mohon keputusan ini dihormati,” pungkasnya.[]

PEWARTA: MUHAMMAD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah