24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Telaga Art Akan Pentaskan Teater Monolog Sebelum Sarapan

BANDA ACEH | ACEH INFO —  Telaga Art akan mementaskan teater monolog “Sebelum Sarapan” karya Eugene O’neil, Senin malam, 3 Oktober 2022 di Taman Budaya Banda Aceh. Naskah ini ditulis tahun 1916 dan   peristiwanya terjadi dalam sebuah keluarga kecil pada sebuah apartemen di Amerika Serikat.

Produser.Pimpinan Telaga Art, T Zulfajri melalui keterangan tertulisnya menjelaskan, teater monolog sebelum sarapan menceritakan sekelumit kisah rumah tangga telah menjadi cerita pendek yang diramu secara rapi oleh Eugene O’neil dalam bentuk naskah panggung.

Saat sebelum sarapan merupakan waktu yang sering dimanfaatkan untuk merencanakan langkah yang akan dijalani untuk menjelajahi hari. Pagi hari sebelum sarapan kerap terjadi percakapan penting di balik meja makan keluarga atau di dapur sambil menunggu hidangan tentang hari kemarin yang telah dilalui dan tentang kisah indah semalam.

Baca Juga: Museum Aceh Buka Ruang Khusus Koleksi Biologika

“Banyak kisah indah sampai kisah tragis dikupas secara intim dengan anggota keluarga di pagi hari sebelum anak pergi sekolah, sebelum orang tua berangkat kerja. Percakapan Ayah dan anak, suami dan istri, nenek dan cucu; soal rumah tangga, ekonomi, politik, pendidikan sampai utuang piutang kerap terjadi saat menunggu sarapan,” jelasnya.

Zulfajri menambahkan pertunjukan ini memiliki jarak yang sangat jauh baik secara periode maupun secara lokasi kejadian. Sementara itu, kini cerita tersebut dibawakan kembali di Aceh dan dengan kondisi yang tentu sangat jauh berbeda secara kultur budaya, antara Amerika  tahun 1936 dan Indonesia tahun 2022.

Cerita yang ditulis dengan judul aslinya Before Breakfast yang kemudian hari diterjemahkan oleh Wiwit Anggraini kedalam bahasa Indonesia mengangkat kisah percakapan suami istri sebelum mereka memulai sarapan. Persoalan rumah tanagga yang menimbulkan pertanyaan-pertanyaan emosional, lalu pertaruhan sikap seorang istri dalam mempertiambangkan kebimbangan hati akibat dari kebiasaan buruk suaminya.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI