25.4 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Terkait PAW Anggota DPRK Lhokseumawe, PKS Disarankan Hargai Proses Hukum

spot_img

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – Partai Keadilan Sejahtera (PKS), disarankan untuk menghargai proses hukum terkait dengan Pergantian Antar Waktu (PAW), terhadap dua anggota dewan dari partai tersebut.

Pengamat Kebijakan Publik Aceh, Nasrul Zaman mengatakan, hal tersebut masih dalam proses gugatan dan belum ada putusan hukum yang berkekuatan tetap.

“Alangkah baiknya PKS menunggu dulu sampai proses gugatan itu selesai dan kemudian baru melakukan PAW,” ujar Nasrul Zaman, Senin, 9 Januari 2023.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, anggota DPRK Lhokseumawe, Dicky Saputra dan Abdurrahman Yusuf, menggugat Partai Keadilan Sejahtera (PKS), karena melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW).

Amin Fahruddin, pengacara Dicky Syahputra dan Abdurrahman Yusuf mengatakan, pihaknya telah menyurati Ketua DPRK Lhokseumawe, Ismail A Manaf, agar tidak melakukan PAW, karena hal tersebut masih dalam tahap gugatan dan belum berkekuatan hukum tetap.

“Kami telah menyuratinya dan meminta agar Ketua DPRK Lhokseumawe bisa bijaksana terkait hal ini dan sesuai regulasi hukum. Bahwa kasus ini belum berkekuatan hukum tetap,” ujar Amin, Minggu, 8 Januari 2023.

Amin menambahkan, pihaknya menyesalkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Aceh Nomor 171.2/1640/2022 yang dikeluarkan oleh Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, tentang Tentang Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu dua anggota DPRD Lhokseumawe itu.

Awalnya gugatan tersebut disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dengan nomor perkara 909/Pdt.Sus-Parpol/2022/PN.Jkt.Sel tertanggal 3 Oktober 2022, dengan bunyi gugatan melawan hukum.

Namun putusan PN Jakarta Selatan memenangkan Partai Keadilan Sejahtera dan dilakukan upaya hukum lanjutan yaitu kasasi ke Mahkamah Agung RI dengan nomor perkara 909/Pdt.Sus-Parpol/2022/PN.Jkt.Sel, tertanggal 20 Desember 2022.

 

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI