25.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Terkait Rohingya, Kemenkopolhukam: Bongkar Sindikat Perdagangan Manusia di Aceh

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) mendukung upaya yang dilakukan lintas sektoral untuk membongkar sindikat human trafficking di Aceh. Kemenkopolhukam juga menduga rutinitas kedatangan etnis Rohingya dengan berbagai alasan dan asal kedatangan ke Aceh berkaitan dengan aktivitas ilegal perdagangan manusia.

Hal tersebut disampaikan Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Kejahatan Transnasional dan Kejahatan Luar Biasa, Brigjen Pol Bambang Pristiwanto, dalam rapat koordinasi yang digagas Komisi I DPR Aceh, Rabu, 4 Januari 2023. Bambang hadir dalam rapat tersebut melalui virtual langsung dari Jakarta.

Brigjen Pol Bambang Pristiwanto kepada peserta rapat koordinasi bahkan memberikan apresiasi positif atas ide membentuk Satgas tersebut. Menurutnya ide seperti ini paling ditunggu pihak Kemenkopolhukam dalam hal penanganan pengungsi di Aceh.

“Terima kasih kepada dewan yang sudah mendorong terbentuknya Satgas Penanganan Pengungsi di Aceh, berarti satu napas dengan kita, satu tujuan sehingga dengan adanya Satgas di Aceh dapat memperlancar birokrasi,” kata Bambang.

Dia turut mengapresiasi sikap Pemerintah Daerah Pidie, Aceh Besar, Aceh Utara, dan Lhokseumawe terutama Pemerintah Aceh yang telah mau menerima dan menangani pengungsi etnis Rohingya. Menurutnya sikap yang dilatarbelakangi atas prinsip dasar kemanusiaan tersebut telah membawa dampak yang positif bagi negara Indonesia di kancah internasional.

Di sisi lain, Kemenkopolhukam tetap mendorong untuk menyelidiki sindikat perdagangan manusia. “Bongkar itu sindikat-sindikat penyelundupan manusia ini, tindak tegas tanpa kompromi. Itu prinsip kita,” kata Bambang.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI