27.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Terkena Jerat, Tiga Harimau Ditemukan Mati di Aceh Timur

BANDA ACEH | ACEH INFO – Tiga ekor harimau sumatra ditemukan mati terkena jerat di wilayah perkebunan HGU PT Aloer Timur, Desa Sri Mulya, Kecamatan Peunaron, Aceh Timur, Minggu, 24 April 2022.

Informasi tersebut langsung ditindaklanjuti Tim Balai Gakkum wilayah Sumatera yang bergerak dari Banda Aceh menuju TPK untuk melakukan bedah bangkai (necropsy).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto, mengutuk keras atas kejadian tersebut. Pihaknya akan bekerjasama dengan pihak penegak hukum untuk mengusut tuntas kejadian ini.

“Kejahatan yang dapat menyebabkan kematian satwa liar dilindungi ini dapat dikenakan sanksi pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Agus Arianto melalui siaran pers kepada awak media, Minggu malam.

Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi di Indonesia berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang Dilindungi.

Berdasarkan The IUCN Red List of Threatened Species, satwa yang hanya ditemukan di Pulau Sumatera ini berstatus Critically Endangered atau spesies yang terancam kritis, beresiko tinggi untuk punah di alam liar.[]

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS