25.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Tiga Hari Terjerat, BKSDA Selamatkan Seekor Harimau di Gayo Lues

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama tim berhasil menyelamatkan seekor Harimau Suamatera (panthera tigris sumatrae) yang terkena jerat di kawasan Desa Sangir, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues, Jumat, 12 Agustus 2022. Diduga, satwa yang dilindungi tersebut sudah terjerat selama tiga hari di lokasi tersebut.

“Pada saat ditemukan Harimau Sumatera tersebut terjerat pada kaki belakang. Berdasarkan identifikasi oleh tim medis, diperkirakan harimau berumur 4-5 tahun berjenis kelamin betina dengan berat 47 kilogram,” kata Kepala BKSDA, Agus Arianto.

Dari pemeriksaan medis juga diketahui kaki kiri harimau tersebut mengalami infeksi luka. Selain itu, harimau juga mengalami kelumpuhan akibat jerat sling. Belum diketahui apakah kelumpuhan itu bersifat permanen atau sementara, karena Harimau tersebut belum optimal menggerakkan kaki belakangnya.

“Adanya gangguan sistem sirkulasi dan motorik syaraf. Tim medis memutuskan untuk sementara waktu observasi kesehatan secara intensif dilakukan di Kantor SPTN 3 Blangkejeren, BPTN Wilayah 2 Kutacane, BBTNGL untuk memberikan keamanan dan kenyamana satwa tersebut,” lanjut Agus.

Agus mengatakan, harimau berjenis kelamin betina ini bakal dilepasliarkan ke habitat alaminya jika kondisinya nanti menunjukkan perkembangan kesehatan yang bagus. “Secara paralel akan dilakukan persiapan-persiapan terkait dengan rencana pelepasliarannya, meliputi survey kelayakan habitat dan melakukan koordinasi dengan para pihak dalam rangka dukungan kelancaran proses pelepasliarannya,” pungkas Agus.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah