26.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Tiga Ketua Pengadilan Negeri di Aceh Dilantik, KPT Ingatkan Hal Ini

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Tiga Ketua Pengadilan Negeri (KPN) dilantik serentak pada Sidang Luar Biasa yang digelar di Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Senin, 27 Juni 2022. Ketiga KPN tersebut masing-masing adalah Deny Syahputra, S.H., M.H. menjadi KPN Jantho, Dedy, S.H. sebagai KPN Meureudu, dan Teuku Admadyan menjadi KPN Bireuen.

“Promosi dan mutasi dalam lingkungan Mahkamah Agung adalah hal yang biasa. Perlu saya tekankan bahwa promosi berbasis pada prestasi, bukan karena hal-hal lainnya. Oleh karena itu, saya minta kepada semua hakim pada pengadilan negeri di seluruh Aceh untuk meningkatkan kemampuan dan kinerjanya,” ujar Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Banda Aceh, Gusrizal, S.H., M.Hum.

Acara pengambilan sumpah, pelantikan, dan serah terima jabatan tersebut turut dihadiri para Hakim Tinggi, para KPN, Kapolres, Kajari, KaKodim serta undangan lainnya. Kegiatan dipusatkan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Banda Aceh.

Dia berharap ketiga KPN yang baru dilantik tidak berhenti belajar dan terus meningkatkan kapasitas, baik kemampuan teknis yudisial maupun kemampuan administratif dan menajerial.

“Bekerjalah dengan jujur, transfaran dan akuntabel untuk memberikan pelayanan keadilan kepada rakyat,” katanya lagi.

Gusrizal mengatakan tugas KPN sangat berat. Karenanya, mereka dituntut untuk tidak hanya menguasai kemampuan teknis, tetapi juga memiliki kemampuan administratis dan manajerial.

“Hal ini perlu saya tegaskan karena jika ditemukan adanya penyimpangan, maka KPN adalah orang yang pertama sekali diperiksa dan dimintai pertanggungjawaban,” tambah Gusrizal.

Selain itu, Gusrizal juga mengingatkan para KPN agar memahami kinerja dan perilaku Hakim yang tidak hanya diawasi oleh kalangan internal oleh atasan langsung dan Bawas, tetapi juga diawasi oleh kalangan eksternal, yaitu Komisi Yudisial dan Ombudsman.

“Maka, hati-hati dalam penggunaan medsos. Hindari perbuatan melawan hukum dan perbuatan tercela,” tegasnya yang didampingi oleh Hakim Tinggi (HT) Sifa Ulrosidin, S.H., M.H. dan Masrul, S.H., M.H.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah