27.4 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

Tim PKM Dosen USCND Langsa Latih Pengolahan Limbah kepada Perajin Suvenir

LANGSA | ACEH INFO – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Universitas Sains Cut Nyak Dhien (USCND) Langsa melatih pengolahan limbah kepada kelompok perajin suvenir di Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama.

Selain memberikan pelatihan, Tim PKM USCND juga menyerahkan alat pengolahan limba kepada salah seorang perajin suvenir.

Acara itu dilaksanakan di Kantor Geuchik Gampong Pondok Kemuning, yang dihadiri sejumlah perajin dan Sekdes Gampong Pondok Kemuning, Marliadi dan perangkat gampong, Senin, 11 September 2023.

Marliadi, mengucapkan terima kasih kepada Tim PKM USCND yang telah memilih Gampong Pondok Kemuning untuk memberikan pelatihan Self Enterpreneurship Digital Marketing Berbasis Google My Busines (GMB) memanfaatkan limbah coco fiber menjadi replika produk rumah lingkungan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlanjut dikemudian hari dengan perajin-perajin lainnya,” ucapnyam

Ketua Tim PKM Unsam, Muttaqin didampingi anggota Uci Dwi Cahya dan Hendra Susanto, menyebutkan pelatihan sekaligus penyerahan mesin tersebut merupakan pengabdian dan salah satu kewajiban yang harus dijalankan oleh Dosen USCND dalam melaksakan tridarma perguruan tinggi, yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Ia menjelaskan, sebelum penyerahan mesin, dilaksanakan pelatihan marketing digital melalui Google My Bisnis (GMB) kepada para UMKM yang ada di Gampong Pondok Kemuning untuk memasarkan produk usahanya agar dapat menjangkau pasar yang lebih besar.

Uci Dwi Cahya menambahkan, harapan dari kegiatan ini, untuk menaikkan perekonomian masyarakat melalui UMKM dan pengrajin di desa dengan memanfaatkan limbah yang ada.

“Usai dilaksanakan pelatihan, Kami juga menyarahkan mesin pengolahan limbah kepada ketua pengrajin souvenir, Bapak Faisal,” kata Uci Dwi Cahya.

Sementara itu, salah seorang perajin suvenir, Faisal mengucapkan terimakasih kepada Dosen USCND Langsa yang telah memberikan ilmu berupa pelatihan marketing sistem digital.

“Semoga alat yang diberikan ini dapat kami pergunakan sebaik-baiknya dan kami juga meminta bimbingan kepada semua pihak dalam memajukan usaha kami,” tutupnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS