24.3 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF 2022

spot_img

YOGYAKARTA|ACEHINFO-Timnas U-16 Indonesia menjadi juara Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Vietnam 1-0 di laga final, Jumat, 12 Agustus 2022. Pertandingan ini digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Di laga final ini, pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, merotasi dua gelandang. Achmad Zidan dan Figo Dennis diturunkan sejak awal laga. Sebelumnya, kedua pemain itu di bangku cadangan saat mengalahkan Myanmar di semifinal.

Di lini depan, Bima Sakti tetap mengandalkan trio Muhammad Riski Afrisal, Arkhan Kaka dan Nabil Asyura. Untuk pemain lainnya, skuadnya sama dengan yang dimainkan di laga semifinal.

Berbeda dengan penampilan Vietnam sebelumnya saat kedua tim bertemu di babak penyisihan Grup A, tim asuhan Nguyen Quoc Tuan bermain lebih berhati-hati. Hal itu menyulitkan skuad Garuda Asia untuk mencetak gol.

Pada menit ke-40, Timnas U-16 Indonesia melancarkan serangan. Namun, rapatnya barisan belakang Vietnam, membuat upaya Arkhan Kaka dan rekan-rekannya gagal.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Vietnam meningkatkan serangannya. Namun, tembakan yang mengarah ke gawang Indonesia masih dapat diantisipasi kiper Andrika Fathir Rachman.

Pada waktu tambahan di babak pertama sebelum istirahat turun minum, Kafiatur Rizky mencetak gol melalui tembakan dari kotak penalti.

Setelah istirahat turun minum, Vietnam mengawali babak kedua dengan pergantian dua pemain. Le Thang Long dan Le Duc Phat ditarik keluar lapangan dan dimasukkan Huynh van Danh dan Nguyen Trong Tuan.

Saat pertandingan baru berjalan sekitar sepuluh menit pada babak kedua, Zidan Arrosyid ditandu keluar lapangan setelah sempat mendapatkan perawatan tim medis. Dia kemudian digantikan Femas Crespo.

Pergantian pemain kembali dilakukan oleh Timnas U-16 Indonesia. Nabil Asyura digantikan Waliy Marifat pada menit ke-78. Kemudian Figo Dennis juga keluar lapangan dan dimasukkan Nariendra Taegar hanya selang semenit kemudian.

Vietnam kembali meningkatkan serangannya pada menit-menit akhir. Nguyen Trong Tuan melakukan tembakan pada menit ke-86, tetapi bisa ditangkap kiper Andrika.

Pada menit akhir, Rizkar Nurviat Subagja dan Kafiatur Rizky digantikan Seva Ditya Rangga dan Hanif Ramadhan.

Vietnam melancarkan serangan yang membahayakan gawang Indonesia pada menit ke-89. Namun, tendangan Phan Thanh Duc Tien berhasil ditepis kiper Andrika.

Di menit-menit akhir, lini pertahanan Timnas U-16 Indonesia harus bekerja keras meredam serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Vietnam di bawah guyuran hujan.

Pada waktu tambahan, pertandingan berlangsung sengit. Lini pertahanan Indonesia terus ditekan. Bahkan kiper Vietnam turut serta membantu serangan. Namun, tidak ada gol yang terjadi. Skor tetap bertahan 1-0 untuk Timnas U-16 Indonesia.

Keberhasilan Timnas U-16 Indonesia menjadi juara Piala AFF U-16 2022 ini mengulang kesuksesan tahun 2018. Ketika itu, skuad Garuda Asia menyabet gelar juara untuk kali pertama di ajang ini saat digelar di Jawa Timur.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah