JAKARTA | ACEH INFO – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehata Nasional (JKN), BPJS Kesehatan resmi memperkenalkan inovasi terbaru melalui loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS).
Kedua inovasi tersebut dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengatakan sejak diluncurkan pada tahun 2014, orogram JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan bertujuan memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk. Seiring dengan bertambahnya jumlah peserta JKN, BPJS Kesehatan memandang perlu dilakukan transformasi terhadap mutu layanan.
Salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan penyediaan loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan diseluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Selanjutnya, petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP),” jelas Ghufron saat peluncuran yang terpusat di RSUP Dr. Sardjito, Jumat, 29 September 2023.
Ghufron menyebut, petugas rumah sakit juga dapat bekerja sama dengan Petugas BPJS SATU! atau BPJS Siap Membantu, baik dalam bentuk pelayanan onsite maupun mobile. Hal ini dilakukan demi memastikan peserta menerima pelayanan yang terbaik. Waktu pelayanan di loket ini disesuaikan dengan jam pelayanan rawat jalan di rumah sakit.
“Keberadaan loket pelayanan informasi ini ditandai dengan adanya signage (papan petunjuk). Lokasi loket pelayanan informasi ini diprioritaskan berada pada area di rumah sakit yang mudah terlihat dan diakses peserta, seperti di area pintu masuk atau area administrasi pelayanan JKN,” kata Ghufron.
Selain itu, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di fasilitas kesehatan. Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan.
POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat.
“POROS BPJS Kesehatan dapat diakses oleh peserta JKN yang sedang mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan melalui x-banner atau poster yang tersedia di area pendaftaran maupun pelayanan,” tambah Ghufron.
Dengan dihadirkannya loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) ini, Ghufron berharap bisa berdampak terhadap peningkatan yang signifikan terhadap mutu layanan dan kepuasan peserta. Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh pihak dapat bersinergi demi menciptakan pelayanan kesehatan yang berdampak positif terhadap perlindungan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.
Direktur RSUD Langsa, Helmiza Fahry mengungkapkan bahwa ,program JKN telah memberikan hal positif dengan adanya inovasi loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal QR BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan (POROS).
RSUD Langsa akan terus berkolaborasi dengan BPJS kesehatan Cabang dengan semangat transformasi mutu layanan yang memberikan jaminan kesehatan yang berkualitas bagi peserta.
“Dengan adanya tempat khusus pengaduan dan informasi dari BPJS ini, kami harapkan pasien lebih terbuka jika nantinya membutuhkan informasi maupun keluhuan,” kata Helmi.
Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Qayyum mengatakan implementasi loket pelayanan informasi dan Portal Quick Response (POROS) merupakan salah satu komitmen nyata RSUD Langsa mendukung transformasi mutu layanan pada program JKN.
Menurutnya, adanya ruangan tersebut akan semakin mempermudah peserta JKN untuk mengakses layanan informasi dan penyampaian pengaduan jika dibutuhkan. Pemerintah Kota Langsa melalui RSUD Langsa juga akan selalu berkomitmen memberikan jaminan kesehatan yang berkualitas bagi peserta JKN.
Ia berharap, dengan dilaunchingnya loket pelayanan informasi dan POROS BPJS Kesehatan ini, semakin memudahkan akses masyarakat dalam mengakses informasi maupun penyampaian pengaduan.
“Sehingga dapat meningkatkan kepuasan di rumah sakit dan semoga pasien yang berkunjung bisa lebih nyaman serta seluruh pihak, baik pemerintah, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan bahu membahu memberikan pelayanan yang optimal demi mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu,” tandas Qayyum.[]