28 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Tips Mencegah Bau Badan Tak Sedap

PERBINCANGAN soal surat pemberitahuan ketua jurusan di Universitas Syiah Kuala (USK) soal bau badan belum kunjung usai. Netizen di dunia maya, bahkan di warung kopi tempat biasa warga Aceh berkumpul pun ikut membahas terkait pemberitahuan resmi yang dianggap unik tersebut.

Sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan bau badan yang ampuh dan bisa dicoba para mahasiswa jika memang kondisi tersebut dinilai mengganggu proses belajar mengajar di kampus. Hilangnya bau badan ini juga dapat membuat seseorang akan kembali nyaman dan percaya diri. Selain itu, lingkungan sekitar juga bakal tidak terganggu dengan “polusi” asasi manusia itu.

Dikutip dari kanal alodokter.com, bau badan dalam dunia medis dikenal dengan istilah bromhidrosis. Pemicu aroma tubuh yang kurang sedap ini pada umumnya disebabkan pertumbuhan bakteri di permukaan kulit dan ketiak. Bakteri itulah yang akan mengolah keringat menjadi zat asam, sehingga muncul bau kurang sedap.

Penyebab bau badan juga dipicu oleh keringat berlebih yang memiliki komposisi air dan garam saat suhu tubuh meningkat. Tubuh seseorang akan lebih banyak mengeluarkan cairan dari kelenjar ini ketika sedang stress.

Baca: Ketika Bau Badan Jadi Perbincangan

Selain itu, produksi keringat tubuh juga disebabkan oleh suhu panas atau setelah berolahraga dan melakukan aktivitas berat. Meskipun ada beberapa kasus pada sebagian orang yang berkeringat terlalu banyak tanpa faktor seperti disebutkan di atas. Kondisi ini disebut hiperdrosis.

Ada beberapa penyebab terbentuknya keringat berlebih dalam kasus-kasus seperti itu. Bisa saja orang tersebut memiliki kondisi medis tertentu, seperti menderita diabetes, penyakit ginjal, kelainan kelenjar tiroid, dan efek samping mengonsumsi obat seperti obat antidepresan.

Menghilangkan bau badan dapat ditempuh dengan mengurangi keringat. Caranya adalah mandi dengan teratur sehingga kulit seseorang bebas dari bakteri, debu, dan kuman yang dapat menimbulkan bau badan.

Selain itu, menghilangkan bau badan juga dapat dilakukan dengan menggunakan sabun antibakteri. Namun, tidak semua orang cocok menggunakan sabun ini terlebih bagi mereka yang memiliki kulit kering atau sensitif. Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif dapat menggantinya dengan sabun yang mengandung pelembab atau juga sabun bayi.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkan badan secara benar, terutama di daerah penghasil keringat seperti ketiak dan selangkangan.

Baca: Surat Pemberitahuan Soal Bau Badan Mahasiswa Viral, Kajur Arsitektur: Maaf Bagi yang Tidak Berkenan

Bau badan juga dapat disebabkan pakaian yang anda kenakan. Agar nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik, maka pakaialah pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik semisal berbahan kain katun.

Menggunakan deodoran atau antiperspiran juga langkah lain dalam mencegah bau badan. Selain itu, memperhatikan asupan makanan juga menjadi faktor penting untuk menghindari bau badan seperti yang dikeluhkan akademis di salah satu jurusan, di Universitas Syiah Kuala itu. Menghindari makanan pedas atau berbau tajam seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, paprika, serta kopi dan minuman beralkohol merupakan salah satu caranya.

Bau badan yang berlebihan juga dapat dikurangi dengan mandi menggunakan rebusan air sirih. Namun, jika semua langkah tersebut tidak mampu meredam bau badan tak sedap, maka segera konsultasi dengan dokter.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI