20.6 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Trio Aceh Bela Indonesia di SEA Games Vietnam

BANDA ACEH | ACEH INFO – Tiga atlet asal Aceh bakal berlaga di kejuaraan olahraga tingkat Asia Tenggara, SEA Games 2021. Perhelatan internasional ini bakal berlangsung dari 12-23 Mei 2022 mendatang di Hanoi, Vietnam.

Ketiga atlet asal Aceh tersebut, dua diantaranya akan bertanding di cabang olahraga angkat besi. Mereka adalah Nurul Akmal yang bermain di kelas +86 Kg dan Muhammad Zul Ilmi di kelas 89 Kg.

“Benar, ada tiga atlet Aceh yang ikut SEA Games Vietnam 2021,” kata Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh, Muhammad Nasir, menjawab acehinfo.id, Senin, 9 Mei 2022.

Nurul Akmal merupakan atlet asal Serba Jaman Tunong, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara. Dia pernah tampil di Olimpiade Tokyo, Asia Games 2018, dan Universaide.

Selain itu, Nurul “Amel” Akmal juga pernah ikut dalam kejuaraan Asia, Qatar Cup, Kejurnas, Pra-PON, dan peraih emas PON selama dua kali pada tahun 2016 dan 2021.

Baca: Lifter Asal Aceh Nurul Akmal Jadi Andalan Indonesia di SEA Games 2021

Sementara Muhammad Zul Ilmi merupakan atlet angkat besi asal Aceh Besar. Penampilan di SEA Games 2021 menjadi kejuaraan ketiga tingkat internasional bagi pria tersebut. Sebelumnya, Muhammad Zul Ilmi pernah tampil di Kejuaraan Asia di Taskent, Uzbekistan, kemudian di Bangkok Thailand.

Muhammad Zul Ilmi pernah merebut medali emas di Pra-PON, PON dan tampil ciamik di Kejuaraan Asia untuk Angkat Besi.

Selain Nurul Akmal dan Muhammad Zul Ilmi, atlet lain yang berada di bawah binaan KONI Aceh Elvanda Cantika Putri juga turut berjuang di SEA Games 2021 ini. “(Dia) atlet Anggar Nomor Sabel Putri,” kata Muhammad Nasir.

Perhelatan SEA Games 2021 di Hanoi akan menjadi debut bagi Ella, sapaan akrab Elvanda Cantika Putri. Dia merupakan satu dari empat kuartet nomor senjata sabel putri yang masuk dalam kontingen Indonesia untuk cabor Anggar.

Ella merupakan peraih medali perak pada PON Remaja I di Surabaya, Jawa Timur pada 2015 lalu. Sebagai atlet muda, dia juga pernah mempersembahkan medali perunggu di PON Papua yang membuatnya masuk Pelatnas di Samarinda, Kalimantan Timur.

Muhammad Nasir berharap ketiganya mampu memberikan penampilan terbaik dalam event tersebut.

Seperti diketahui, Indonesia mengirimkan 476 atlet dari 31 cabang olahraga yang dipertandingkan di Hanoi, Vietnam. Sementara tuan rumah mempertandingkan 40 cabang olahraga dalam event yang sempat tertunda lantaran pandemi Covid-19 tersebut.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah