24 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Undang-undang Pemilu Digugat, Jokowi Bisa Maju Lagi di 2024?

JAKARTA|ACEHINFO-Upaya untuk mengusung kembali Jokowi bisa bertarung kembali di Pilpres 2024 belum berhenti. Kali ini upaya itu tampak lebih serius, dengan mengajukan gugatan uji materil atau judicial review Undang-undang tentang Pemilu.

Mereka yang mengajukan uji materil aturan main soal Pemilu itu adalah kelompok yang mengatas namakan Sekretariat Bersama Prabowo-Jokowi 2024-2029. Mereka menguji Pasal 169 huruf n UU Pemilu.

Pasal itu berbunyi: “Persyaratan menjadi calon presiden dan calon wakil presiden adalah: (n) belum pernah menjabat sebagai presiden atau wakil presiden selama dua kali masa jabatan dalam jabatan yang sama.”

Menurut mereka, Pasal 169 huruf n UU Pemilu memberikan keraguan terhadap Pasal 7 UUD 1945 yang menyatakan: “presiden dan wakil presiden memegang jabatan selama lima tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan.”

“Keraguan tersebut mengakibatkan hak pemohon dalam Pasal 28D Ayat (1) UUD 1945 tercederai sekaligus menimbulkan pertanyaan apakah seorang Presiden dapat mencalonkan diri lagi untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan sesuai dengan Pasal 28D Ayat (3) UUD 1945 namun dengan jabatan yang berbeda?” demikian argumen pemohon dikutip dari situs MK, Senin (26/9).

Pemohon juga memandang bahwa pemberlakuan frasa ‘presiden atau wakil presiden’ dan frasa ‘selama dua kali masa jabatan dalam jabatan yang sama’ sebagaimana bunyi Pasal 169 huruf n UU Pemilu telah bertentangan dengan sila kelima Pancasila ‘keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia’.

Menurut para pemohon, Pasal 169 huruf n UU Pemilu menimbulkan multitafsir jika dibandingkan dengan Pasal 7 UUD 1945 karena tidak memberikan kepastian terkait pencalonan presiden dan wakil presiden.

Sebab, wakil presiden yang pernah menjabat di periode berbeda selama belum dua kali menjabat dalam jabatan yang sama bisa saja ikut dalam pemilihan presiden dan wakil presiden lagi apabila berpasangan dengan calon presiden lainnya.

“Bahwa dengan adanya ketentuan yang ada di dalam Pasal 169 huruf n UU Pemilu menimbulkan sebuah pertanyaan mengenai apakah presiden yang sudah menduduki masa jabatan Presiden selama dua masa jabatan dapat mencalonkan diri kembali untuk jabatan yang berbeda yaitu wakil presiden di periode selanjutnya?” kata pemohon.

Joko Widodo kerap kali menyatakan dirinya taat kepada Konstitusi dan aturan Undang-undang mengenai berbagai wacana untuk mencalonkan dirinya kembali di 2024. Namun dia juga tak melarang kelompok-kelompok yang menyuarakan hal itu dalam konteks demokrasi dan kebebasan menyampaikan pendapat.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah