28.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Wakil STAI Teungku Chik Pante Kulu Hadiri Munas APTIKIS Se-Indonesia

spot_img

JAKARTA I ACEH INFO – Wakil Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Teungku Chik Pante Kulu, Dr. Sarina Aini, Lc.,MA, Ph.D, hadiri musyawarah nasional pertama yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Indonesia (APTIKIS).

Munas ini diselenggarakan selama 3 hari pada 8-10 Desember di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh ketua pimpinan PTKIS se-Indonesia.

Tema dari Munas pertama ini adalah “Bangkit dan Setara, Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.”

Munas yang diselenggarakan selama 3 hari ini. Pada hari pertama, dibuka oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (HC) KH Ma’ruf Amin yang diwakili oleh Dirjen Pendidikan Agama Islam Prof. Dr. H Muhammad Ali Ramdhani, MA.

Selain itu turut hadir juga para narasumber Prof. KH Nasaruddin Umar, MA selaku Rektor PTIQ Jakarta, Prof. Akh Muzakki MA.g Grad. Dipl. SEA MPhil Ph.D Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya selaku Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya, dan Prof. Dr. Amany Burhanuddin Lubis MA Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Selanjutnya agenda hari kedua Munas ini adalah adalah membahas AD/ART pada sidang Pleno dengan membentuk komisi-komisi, yang bertujuan untuk memperkuat kedudukan asosiasi yang baru dibentuk ini.

Selain itu dibahas juga mengenai program kerja yang tujuannya untuk mewujudkan pikiran dasar dari pembentukan asosiasi ini. Dalam sidang tersebut juga melahirkan beberapa rekomendasi yang nantinya akan diteruskan kepada pemerintah.

Diantara rekomendasi yang dihasilkan pada sidang pleno yang dipimpin oleh Doktor Nazaruddin Rektor IAI Al-Muslim, adalah mendesak Kementrian Agama untuk merubah status Kopertais menjadi Satuan Kerja (Satker).

Selain itu, APTIKIS juga mendesak pemerintah agar mengembalikan akreditasi Program Studi dan Institusi ke BAN-PT, dan APTIKIS juga mendesak pemerintah untuk menambah kuota beasiswa KIP dan beasiswa Studi lanjut Dosen PTKIS yang dikelola oleh Kementrian Agama.

Pada hari terakhir agenda Munas ini adalah silaturrahim dan penandatanganan MoU dan MoA Tri Dharma antara PTKIS.

Dr. Sarina Aini Wakil Ketua I STAI Tgk. Chik Pante Kulu, selaku peserta yang hadir dalam Munas tersebut berharap bahwa Munas pertama APTIKIS ini akan menjadi tonggak sejarah untuk bangkitnya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Indonesia.

“Selain itu Munas ini juga menjadi ajang silaturrahim antara ketua atau pimpinan Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia,” harapnya.

Kontributor :Syuhada

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI