24 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Warga Langsa Berpeluang Saksikan Gerhana Bulan Total

BANDA ACEH | ACEH INFO – Warga di wilayah Kota Langsa dapat menyaksikan Gerhana Bulan Total (GBT) pasca matahari terbenam, tepat saat azan maghrib tiba, Selasa, 8 November 2022. Namun, warga di Langsa tidak dapat puncak total gerhana bulan lantaran bulan kelima terbit di ufuk timur.

“Namun demikian fase total akan tetap dapat diamati selama 20 menit untuk daerah pantai timur Langsa, bagi yang menyaksikan fase total harus beranjak ke tempat tinggi sehingga garis pantai timur bisa diamati,” ujar Kepala Pusat Studi Ilmu Falak (PUSIF) Fakultas Syariah IAIN Langsa, Ikhsan Kamilan.

Menurutnya fase gerhana sebagian dimulai pada pukul 18.41 WIB. Sementara fase gerhana bulan berakhir pada pukul 19.50 WIB. “Memiliki waktu sekitaran satu jam 10 menit untuk melaksanakan salat gerhana,” katanya.

PUSIF Fakultas Syariah IAIN Langsa dalam momen ini bakal melaksanakan salat gerhana di Masjid Kampus Zawiyah. Pihak PUSIF juga akan melakukan observasi sebagai bahan penelitian dalam pengukuran jarak bulan dan matahari.

“Lama durasi gerhana dapatlah dijadikan acuan dalam astronomi sebagai dasar mengukur jarak bulan ke Bumi dengan pendekatan segitiga astronomi,” katanya lagi.

Ikhsan mengatakan, gerhana terjadi lantaran bulan tidak dapat menerima sinar dari matahari lantaran terhalang oleh bayangan Bumi. “Fenomena ini adalah bagian dari kekuasaan Allah yang memberi isyarat bagi ummat manusia untuk meneliti dan memahami keagungan sang Pencipta, dimana bumi dan bulan begitu kecil yang bisa diukur dengan ilmu pengetahuan. Lalu bagaimanakah dengan penghuni Bumi yang tidak bisa menganggap kecil urusan dunianya,” kata Ikhsan.

Meskipun demikian, fase pengamatan gerhana bulan total berpotensi tidak dapat dilakukan di Langsa apabila hujan deras mengguyur kawasan. “Probalitas hujan yang mencapai 45% di malam harinya tidak menutup kemungkinan akan terjadinya hujan dengan itensitas ringan, jika terjadinya hujan, maka observasi gerhana bulan tidak bisa dilakukan,” pungkasnya.[]

Terkait

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah

%d blogger menyukai ini: