29.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Warga Matangkuli Penderita Kanker Tenggorokan Butuh Uluran Tangan Para Dermawan

LHOKSUKON | ACEH INFO – Muhammad (50) warga kurang mampu asal Dusun Alue Jok, Gampong Tumpok Perlak Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara butuh uluran tangan dermawan. Muhammad menderita kanker tenggorokan (gondok) dan kini dalam kondisi memprihatinkan saat disambangi awak media di kediamannya pada Sabtu, 9 Maret 2022.

Muhammad telah empat tahun menderita penyakit tersebut. Kondisi saat ini penyakit itu kian parah dan memerlukan perawatan khusus. Namun, kondisi ekonomi duda kurang mampu tersebut tidak memungkinkan untuk berobat lebih lanjut.

Zainuddin, warga setempat kepada media ini menuturkan bahwa Muhammad yang sudah menderita penyakit kanker tenggorokan (faring) selama empat tahun tersebut pernah menjalani kemoterapi untuk mematikan sel-sel penyakit tersebut, tetapi belum menunjukkan hasil, malah semakin lama semakin parah.

“Kata dokter harus di kemo sebanyak sembilan kali, sementara itu hasilnya belum seperti yang diharapkan. Sampai dengan saat ini kondisinya semakin memprihatinkan, tambah lagi beliau tercatat sebagai warga kurang mampu,” ujarnya.

Zainuddin merasa prihatin dan meminta pihak pemerintah atau pihak yang peduli ataupun dari siapa saja, termasuk para dermawan, agar dapat membantu Muhammad yang terbaring lemah tak berdaya.

“Semoga ada pihak yang tergerak membantu memfasilitasi Muhammad untuk menjalani pengobatan, untuk dirawat secara berkala, karena keterbatasan ekonomi sepertinya Muhammad butuh perhatian kita semua,” ucapnya penuh harap.

Dikutip dari laman alodokter.com, kanker tenggorokan terjadi akibat adanya perubahan atau mutasi gen pada sel-sel tenggorokan. Mutasi inilah yang memicu pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali. Kanker tumbuh dan berkembang di faring (saluran tenggorokan dari belakang hidung sampai ke awal trakea). Salah satu gejalanya adalah benjolan pada leher.

Untuk pengobatan dapat dilakukan dengan menjalani kemoterapi pada stadium awal, radioterapi, dan operasi jika sudah pada stadium lanjut.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI