28.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Warga Sabang Terima 19 Unit Rumah Layak Huni dari Baitul Mal Aceh

spot_img

SABANG | ACEH INFO – Sebanyak 19 unit rumah layak huni disalurkan Baitul Mal Aceh untuk warga Sabang. Belasan rumah tersebut dibangun secara swakelola yang tersebar di delapan gampong di Pulau Weh.

Penyaluran 19 unit rumah layak huni ini mendapat apresiasi dari Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi. Dia mengucapkan terima kasih kepada Sekretariat Baitul Mal Aceh lantaran telah ikut membantu menuntaskan kemiskinan di daerah tersebut.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada Baitul Mal Aceh yang telah menyalurkan bantuan rumah layak huni bagi warga Sabang. Tentu ini sangat membantu dalam rangka upaya penuntasan kemiskinan di Aceh khususnya di  Kota Sabang” kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Jumat, 9 Desember 2022.

Pada kesempatan ini juga Reza Fahlevi mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan pembayaran zakat, infaq, dan sedekahnya yang bisa disalurkan melalui Baitul Mal terdekat, sehingga akan semakin banyak lagi mustahik yang dapat terbantu.

“Tentunya dengan banyak masyarakat yang menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya melalui Baitul Mal, makan akan semakin banyak pula warga fakir miskin yang bisa terbantu” harapnya.

Serah terima bantuan rumah secara simbolis ini diberikan Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi bersama Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Rahmad secara langsung kepada salah satu Mustahik yaitu Asnawi warga Gampong Cot Abeuk Kota Sabang

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Rahmad menjelaskan pada Tahun Anggaran 2022 pihaknya menyalurkan bantuan pembangunan rumah sebanyak 165 unit bagi para mustahik yang tersebar di 6 Kab/Kota, termasuk 19 unit tersebar di kota Sabang.

Lanjutnya, sebanyak 19 unit yang tersebar di delapan gampong di Kota Sabang yaitu, Balohan tiga unit, Cot abeuk dua unit, Cot Ba’u dua unit, Ie Meulee dua unit, Kuta Barat dua unit, Krueng Raya satu unit, Paya Seunara tiga unit, dan Bate Shoek sebanyak empat unit.

Pembangunan rumah ini dikerjakan dengan sistem swakelola oleh kelompok masyarakat yang dibentuk keuchik setempat.

“Setengahnya itu sudah 100 persen dan bisa langsung ditempati, sedangkan sisanya, pencapaiannya sudah di atas 80 persen. Tapi dari sisi keuangannya sudah tuntas 100 persen semuanya. Hanya tinggal penyelesaiannya saja hingga batas waktu sampai 20 Desember 2022. Insyaallah 20 Desember ini bisa tuntas semuanya dan Mustahik bisa menempati rumah baru semuanya” terangnya.

Dia juga menyebutkan tidak hanya bantuan rumah, banyak bantuan lain yang telah disalurkan pihaknya di Kota Sabang, seperti gampong zakat produktif, usaha kelompok, dan santunan ramadhan. Tidak menutup kemungkinan tahun depan pihaknya juga akan mengucurkan bantuan perekenomian modal kerja individu ke Kota Sabang.

Penyaluran bantuan rumah secara simbolis kepada mustahik ini juga turut dihadiri unsur Forkopimda Sabang, Kepala Sekretariat Baitul Mal Sabang Iskandar ZA, Kepala Badan Baitul Mal Aceh Muhammad Ikhsan dan Keuchik Gampong Cot Abeuk.[adv]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI