27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Waspadai Dampak Penggunaan Kosmetik Berbahan Mercuri

BANDA ACEH | ACEH INFO – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) menyita sejulah produk kecantikan atau kosmetik ilegal yang mengandung bahan berbahaya dalam operasi pasar di sejumlah kabupaten kota, di Aceh, pada Juli 2022.

Dari 52 sarana yang diperiksa, sebanyak 32 sarana memenuhi ketentuan sedangkan 20 lainnya tidak memenuhi ketentuan atau menjual kosmetik tanpa izin. Dari jumlah tersebut, empat di antaranya mengandung bahan berbahaya.

Operasi itu menyita 228 item jenis kosmetik, yang 214 jenis diantaranya tanpa izin edar atau ilegal. Sementara 14 jenis lainnya dari 228 item yang disita tersebut mengandung bahan berbahaya.

Jenis kosmetik tanpa izin edar yang ditemukan berupa lipstik, lipgloss, lipbalm, lip tint, nail polish, bb cream, masker wajah dan pensil alis. Sementara bahan berbahaya berupa facial cream, lotion, day and night facial cream dan make up palette.

“Kosmetik tersebut mengandung merkuri dan timbal, yang merupakan logam berat yang dilarang digunakan pada sediaan kosmetik,” kata Kepala BBPOM di Banda Aceh, Yudi Noviandi, Selasa, 2 Agustus 2022.

Lalu apa efeknya terhadap kulit jika menggunakan produk yang mengandung bahan berbahaya serta ilegal tersebut?

Yudi menjelaskan, efek berbahaya penggunaan merkuri dalam produk perawatan kulit akan menimbulkan bintik-bintik hitam pada kulit, reaksi alergi, iritasi kulit, bersifat karsinogenik dan mutagenic.

Penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada sejumlah organ tubuh.

“Seperti pada mata, paru-paru, pencernaan, saraf, ginjal dan sistem kekebalan tubuh,” jelasnya.

Penggunaan kosmetik mengandung timbal yang terakumulasi dalam tubuh akan menumpuk di dalam darah, hati, ginjal, pankreas, dan paru-paru lalu merusak fungsi organ tersebut.

Paparan timbal telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, seperti neurotoksisitas atau permasalahan kemampuan belajar dan berperilaku.

Tak hanya itu, dampaknya juga mengurangi kesuburan pada pria dan wanita, memicu perubahan hormon, serta menimbulkan masalah menstruasi.

Mengingat dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya, selaku BBPOM, Yudi mengimbau kepada pelaku usaha untuk selalu mentaati peraturan yang berlaku.

Sementara kepada konsumen untuk selalu cerdas dalam memilih produk kosmetik yang akan digunakan dengan selalu Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluarsa) dari produk kosmetik yang dibeli atau digunakan.

“Jika masyarakat memerlukan informasi tentang produk obat dan makanan dapat menghubungi Kantor Balai Besar POM di Banda Aceh,” tutupnya.[]

PEWARTA: MUHAMMAD

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI