29.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

YARA Kembali Somasi Pertamina dan Menteri ESDM Terkait Blok Peureulak

BANDA ACEH | ACEH INFO – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) kembali menyampaikan somasa terhadap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas), dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Ketua YARA Safaruddin dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 13 April 2022 menjelaskan, somasi kedua itu disampaikan setelah somasi pertama yang dilayangka pihaknya pada 22 Maret 2022 lalu tidak ditanggapi.

Dalam somasinya YARA meminta agar Kepala SKK  Migas dan Dirut Pertamina untuk segera melakukan penutupan terhadap sumur minyak yang meledak di Blok Peureulak Kecamatan Ranto Perlak, karena telah membahayakan keselamatan masyarakat sekitarnya, dan telah terjadi tiga kali kebakaran di areal tersebut yang mengakibatkan korban jiwa sampai meninggal dunia.

Safar menambahkn, sesuai dengan ketentuan bahwa Blok Perlak tersebut adalah wilayah kerja PT Pertamina (Persero) yang berkontrak dengan SKK Migas dan masih belum dikembalikan kepada Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2015, sehingga sampai saat ini masih menjadi tanggung jawab Pertamina dengan SKK Migas.

Selain menutup sumur yang terbakar di areal tersebut YARA juga meminta agar PT Pertamina (Persero) dan SKK Migas mengganti kerugian masyarakat yang ditimbulkan dari beberapa kali kebakaran tersebut dan juga melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat di sekitar Blok Perlak.

“Somasi kedua ini kami tunggu realisasinya paling lama sampai tanggal 16 April 2022. Jika somasi ini tidak di indahkan maka kami akan mengambil langkah hukum ke depannya,” tegasnya.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI