29.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Yuk Kita Intip Menu Berbuka Puasa di Masjid Agung Bireuen, Ada Kari Kambing dan Kanji 

Yuk Kita Intip Menu Berbuka Puasa di Masjid Agung Bireuen, Ada Kari Kambing dan Kanji 

Yuk Kita Intip Menu Berbuka Puasa di Masjid Agung Bireuen, Ada Kari Kambing dan Kanji 
Kari kambing salah satu menu berbuka puasa di Masjid Agung Sultan Jeumpa, Bireuen. Ferizal Hasan/Acehinfo.id

–  Masjid merupakan tempat ibadah bagi setiap umat muslim, masjid juga sering digunakan untuk kegiatan keagamaan.

Di bulan Ramadhan seperti sekarang ini, panitia masjid selalu melaksanakan acara berbuka puasa bersama, makanan yang di sediakan juga beragam dan dibagi-bagikan secara gratis.

Biasanya undangan yang diterima khusus untuk berbuka puasa adalah anak-anak yatim dan undangan secara umum adalah untuk masyarakat umum atau jamaah yang melaksanakan shalat di masjid.

Seperti halnya di Masjid Agung Sulthan Jeumpa Bireuen. Seperti biasanya, setiap bulan Ramadhan, panitia Masjid Agung Bireuen selalu menyediakan menu buka puasa bersama.

Menu berbuka puasa yang disajikan pun beragam setiap harinya. Ada kurma, nasi, aneka kue dan minuman, seperti kopi, teh, kelapa muda, dan beragam minuman hangat dan segar lainnya.

Yang menariknya, di masjid bersejarah tersebut, setiap bulan Ramadhan selalu menyediakan menu istimewa, yaitu kari kambing dan kanji.

“Setiap tahun saat bulan puasa, selalu ada jamaah yang menyumbang kambing dan beras untuk disembelih dan dimasak di dapur masjid, untuk dimakan bersama saat berbuka puasa,” kata Tgk M Jafar, Bilal Masjid Agung Bireuen, kepada Acehinfo.id, Minggu (3/4/2022).

Meskipun kari kambing tersebut tidak ada setiap hari, namun dalam bulan Ramadhan selalu ada untuk berbuka puasa.

“Biasanya seminggu sekali atau seminggu dua kali selalu ada kari kambing yang dimakan dengan nasi saat berbuka puasa di Masjid Agung ini,” sebut Tgk Jafar.

Selain itu, juga ada kanji rumbi yang menjadi menu khas berbuka puasa bagi masyarakat di Bumi Aceh Serambi Mekkah ini.

Dikatakan Tgk Jafar, menu-menu berbuka puasa itu merupakan sumbangan atau sedekah masyarakat sekitar dan jamaah Masjid Agung Bireuen. Yuk kita buka puasa bersama di masjid kebanggaan masyarakat Kota Juang ini. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI