27.4 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

Banjir Kembali Sasar Sejumlah Wilayah Pidie

BANDA ACEH | ACEH INFO – Banjir kembali melanda sejumlah kawasan Pidie, Senin, 17 Januari 2022. Setelah banjir sempat melanda kawasan Padang Tiji pagi tadi, kini giliran Gampong Aree Kecamatan Garot yang kebanjiran pada Senin malam.

Laporan petugas media center Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan, banjir yang melanda Gampong Baro tersebut disebabkan pecahnya tanggul sungai di kawasan tersebut sekitar pukul 21.29 WIB.

“Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kabupaten Pidie, sehingga debit air sungai meningkat dan mengakibatkan jebol tanggul/tebing sungai Krueng Gampong Baro,” kata petugas Pusdalops Media Center BPBA, Haslinda Juwita, Senin malam.

Dia menyebutkan sejumlah rumah warga tergenang akibat banjir dari tanggul sungai yang jebol. “Untuk jumlah rumah yang terdampak masih dalam pantauan,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, banjir deras akibat pecah tanggul sungai tersebut masih menggenangi wilayah Gampong Baro dan sekitarnya.

Selain Gampong Baro, banjir juga melanda kawasan Keude Garot dan Gampong Aree. Informasi yang disampaikan petugas Pusdalops BPBD Pidie menyebutkan banjir yang terjadi di kawasan tersebut juga disebabkan pecah tanggul sungai.

“Meluap air keluar (akibat) pecah tanggul. Hujan nggak deras di sini, mungkin hujan di gunung. Nggak berat, sebagian aja,” kata petugas tersebut melaporkan langsung dari lokasi kejadian.

Sebelumnya, banjir juga sempat melanda Padang Tiji yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Pidie pada Senin pagi tadi. Akibatnya genangan banjir turut menggenangi ruas jalan Banda Aceh-Medan di Gampong Kupula Tanjong. Selain itu, banjir Senin pagi juga melanda kawasan Gampong Jok Tanjong. Namun banjir di kawasan Padang Tiji tersebut cepat surut.

Selain banjir, bencana longsor juga dilaporkan terjadi di kawasan Gampong Lhok Keutapang Kecamatan Tangse Pidie, pada pukul 18.00 WIB tadi. Akibatnya ruas jalan lintas Beureunun-Tangse tepatnya di Dusun Geuni, tertutup material longsor.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS