31 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Puluhan Pelaku UMKM Aceh Hadiri Family Gathering di Aceh Besar

ACEH BESAR | ACEH INFO – Puluhan pelaku UMKM yang tergabung dalam Sahabat Aceh UMKM Mandiri Berkah menggelar family gathering yang diadakan di Lampuuk, Aceh Besar, Sabtu, 18 November 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pelaku UMKM Aceh yang tergabung dalam komunitas Sahabat Aceh UMKM Mandiri Berkah.

Founder Sahabat Aceh UMKM Mandiri, Darwina, menjelaskan, komunitas ini adalah kumpulan UMKM dari seluruh Aceh yang berasal dari berbagai macam UMKM berbeda bidang. Ada pelaku usaha kuliner, kerajinan, handycraft, fashion, kriya, wisata dan lain lain.

“Tujuan dilaksanakannya family gathering ini sendiri adalah untuk menjalin kekompakan sesama UMKM dan menjadikan moment untuk berdiskusi untuk kemajuan UMKM kedepannya” Ungkap Darwina.

Dalam pemaparannya Darwina mengajak para pelaku UMKM untuk menjaga kekompakan sesama UMKM dimanapun dan kapanpun.

“Walau produknya sama saling menjaga dan manjalin kerjasama, tidak saling sikut menyikut sesama UMKM tapi saling bermitra sehingga pada saat kebutuhan permintaan besar bisa di tangani bersama dengan kerjasama tersebut,” ucapnya.

Ia juga mengajak pelaku UMKM ikut terlibat di kegiatan bazar Aceh UMKM Mandiri Berkah setiap Jumat yang diselenggarakan secara rutin merupakan tempat untuk mempromosikan produk UMKM

“Untuk para usaha mari mengurus perizinan produk agar produk UMKM ke depan lebih baik lagi baik dari segi perizinan, kemasan dan kualitas tetap terjaga,” ajak Darwina.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Zulfitri atau yang kerap disapa Joel Bungalow. Ia menyampaikan mengenai adanya sertifikasi halal gratis dari Kemenag untuk UMKM yang ada di Aceh.

“Saya mendapat kepercayaan dari Kemenag untuk mencari usaha yang ada di Aceh untuk diberikan sertifikasi halal. Kuota untuk Aceh tahun ini mencapai 50 ribu usaha,” sebutnya.

“Biasanya untuk mengurus sertifikasi ini dikenakan biaya Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Tetapi untuk kuota ini semuanya gratis untuk kemajuan usaha yang ada di Aceh,” pungkas Joel.[]

Pewarta : Rendi Febriansyah

Editor : Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS