24.7 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Ini Bekal Bagi Media Lokal Antisipasi Serangan Siber

JAKARTA | ACEH INFO – Empat media online di Indonesia baru-baru ini mengalami serangan siber. Diduga, serangan tersebut merupakan bentuk pembukaman sikap kritis media-media itu di dalam pemberitaan.

Ke empat media yanh dimaksud yaitu Tempo, Narasi TV, Konde.co, dan Batamnews.co.id.

Mengantisipasi hal serupa agar tidak terulang, Suara.com bersama International Media Support (IMS) menghadirkan workshop bertajuk “Digital Security for Local Media”, di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Jumat, 28 Oktober 2022. Workshop yang merupakan bagian dari Local Media Summit 2022 tersebut dipandu Upi Asmarandhana dan menghadirkan pembicara Co-founder ICT Watch, Heru Tjatur.

Heru menyikapi serangan terhadap empat media online tersebut mengatakan, serangan dengan target terpilih seperti itu jumlahnya tak banyak. “Hanya lima persen dari jumlah serangan siber yang terjadi,” ujar heru.

Dalam hal ini, media lokal yang memiliki platform digital seperti situs berita dan media sosial tak luput dari sasaran serangan meski tujuan penyerangnya bukan untuk membungkam media lokal tersebut.

“Biasanya (pelaku) yang baru belajar jadi hacker,” kata Heru.

Media lokal perlu membentengi platform digital mereka dari serangan siber. Pasalnya, serangan siber dapat merugikan publik karena mereka jadi tak bisa mengakses informasi dari media siber yang terkena serangan.

Menurutnya, ada beberapa jenis serangan siber. Salah satunya injection SQL.

Serangan siber jenis ini bekerja dengan cara membanjiri sistem, server atau jaringan untuk membebani sumber daya infrastruktur target. dampaknya, sistem tidak dapat memproses dan memenuhi permintaan.

Heru menyarankan, agar media lokal melakukan beberapa langkah agar tahan serangan siber. Salah satunya adalah dengan menggunakan firewall dengan benar.

“Untuk media sosial pastikan juga menggunakan two step verification,” katanya.

Ada pula serangan siber malware. Biasanya penyerang akan mengirimkan link yang telah disusupi oleh virus, spyware atau worm.

“Biasanya ada pesan Anda memenangkan hadiah ini itu, klik link ini. Jangan asal klik link,” ujarnya.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI