29.4 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Panglima Laot Aceh Gelar Pertemuan dengan Pj Gubernur

BANDA ACEH | ACEH INFO — Pengurus Panglima Laot/Lembaga Adat Laot Aceh Periode 2023-2029 melakukan silaturahmi dan audiensi dengan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki di Aula Kantor Gubernur di Banda Aceh, Senin, 14 Agustus 2024.

Audiensi dengan Pj Gubernur itu menyampaikan hasil Duek Pakat Raya (Mubes) Panglima Laot Aceh ke V yang diikuti 250 peserta yang terdiri dari 18 Panglima Laot Kabupaten/Kota, 178 Panglima Laot Lhok dan pengurus Panglima Laot Provinsi telah memilih Miftachhuddin Cut Adek sebagai Panglima Laot Aceh.

“Audiensi ini selain silaturahmi pengurus baru juga untuk menyampaikan hasil Duek Pakat Raya V yang berhasil kita laksanakan beberapa waktu lalu. Termasuk beberapa persoalan nelayan dan rekomendasi hasil duek pakat,” ujar Miftach Tjut Adek.

Baca Juga: Lima Anggota Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang Dilantik

Achmad Marzuki sebagai Pj Gubernur Aceh menyambut baik dan menyampaikan rasa senangnya dengan Para Panglima Laot. Beliau berharap Panglima Laot ini tetap bersatu. Jangan sampai seperti yang lain terpecah atau banyak pengurus.

“Jaga kearifan lokal, panglima Laot ini cuma satu satunya di Aceh bahkan didunia, cukup 1 aja kelembagaannya.” katanya yang didampingi oleh Aliman, S.Pi, M.Si sebagai Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh (KKP) dan Ir Mawardi sebagai asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh.

Menurut Pj Gubernur, sumber daya ikan kita banyak, maka harus optimal. Maka pemerintah berkomitmen untuk membantu nelayan. “Mungkin perlu dibangun sinergisasi dan komunikasi dengan Baitul Maal. Bagaimana dengan data riil yang ada, nelayan ini bisa dibantu pertahun. Atau dengan Bank Aceh, dana KUR bisa tidak untuk koperasi nelayan yang mudah. Dan saya berharap sangat ingin berkumpul dengan panglima laot semua dalam acara tertentu ,sambil menyampaikan ke Kadis DKP Aceh,” katanya.

Baca Juga: Amal Hasan Ajak Masyarakat Bijak Tangani Sampah

Ketua Umum Dewan Pertimbangan Panglima Laot, Dr Ir H Mustafa Abubakar, M.Si yang ikut mendampingi Para Panglima Laot ini menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Bapak Pj Gubernur atas kesediaan waktu menerima delegasi panglima laot. Beliau juga menyampaikan sejumlah perkembangan dan sejarah Lembaga Adat Laot di Aceh. Disamping itu juga ada Yayasan Pangkai Meuruno Aneuk Nelayan (YPMAN) yang saat ini memberi beasiswa lebih 42 ribu anak nelayan di seluruh Aceh.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Panglima Laot periode 2023-2029 dipercayakan kepada Azwir Nazar yang sebelumnya menjabat sebagai ketua bidang Hubungan Luar Negeri. Azwir adalah  anak nelayan dari Pawang Zulkifli bin Pawang Rani yang bersekolah hingga ke Turki. Kini diminta kiprah dan pengabdiaannya untuk membantu Lembaga Panglima Laot Aceh.

Kegiatan silaturahmi dan audiensi ini juga didampingi oleh sejumlah Panglima Laot dari berbagai Kabupaten dan Kota seperti Pawang Baharuddin dari Aceh Besar, Pawang Amiruddin dari Aceh Barat, Pawang Zainal Abidin dari Nagan Raya, Pawang Afrizal dari Panglima Laot Lhok Lam Teungoh, Pawang Muhammad Hasan dari Panglima Laot Lhok Leupung,  Zaini Pawang Mud serta sejumlah pengurus lainnya.[]

Baca Juga: Pengurus KNPI Aceh Periode 2023-2026 Dilantik

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI