Newspaper Theme

INFO POPULAR

Pemerintah Diminta Lobi Raja Arab Saudi Agar Tambah Kuota Haji Aceh

Sponsored byKetua PSBI Aceh

BANDA ACEH | ACEH INFO – Pemerintah diminta untuk segera melobi Raja Arab Saudi agar menambah kuota calon jemaah haji asal Aceh, yang saat ini antre berangkat hingga 31 tahun ke depan. Permintaan tersebut disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Teuku Raja Keumangan, Senin, 10 Januari 2022.

“Ini merupakan persoalan serius yang harus segera diatasi Pemerintah Aceh, agar calon jamaah haji asal Aceh tidak terlalu lama menunggu untuk bisa menunaikan ibadah haji ke tanah suci,” katanya.

Hingga awal tahun 2022, total CJH asal Aceh yang sudah mendaftar dan mendapatkan porsi haji dari pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia telah mencapai 129.119 orang.

Dengan banyaknya antrean CJH, maka dipastikan masa menjadi 31 tahun sejak saat ini. Total jamaah asal Aceh yang diberangkatkan selama ini setiap tahunnya mencapai 4.359 orang, berasal dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

Ia berharap agar Pemerintah Aceh bersama-sama dengan DPRA harus segera membahas persoalan tersebut, agar masyarakat Aceh yang ingin berangkat beribadah ke tanah suci tidak lagi harus menunggu lama.

Kementerian Agama di Aceh mencatat, setiap tahunnya sejak tahun 2017 hingga tahun 2021 lalu tercatat sebanyak 2.706 warga di Aceh Barat, telah mendaftarkan diri menjadi calon jamaah haji.[]

TERKINI