26.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pesona Alam Perbukitan Siron Aceh Besar

JANTHO | ACEH INFO – Bukit Siron menyimpan hamparan savana nan indah. Banyak yang datang ke tempat ini merasa bak sedang berada di negara Swistzerland. Padahal Bukit Siron ini terletak di area Gampong Siron Krueng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar.

Jalur menuju perbukitan Siron ini sudah sangat gampang untuk diakses. Jalannya pun sudah di aspal, dan hanya berjarak sekitar 1,5 atau 2 jam dari pusat kota Banda Aceh.

Untuk menuju ke sini, Anda bisa melewati jalan Lintas Nasional Aceh-Medan. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dengan memasuki kawasan wisata Waduk Keliling yang juga berada di wilayah Aceh Besar.

Pesona Alam Perbukitan Siron Aceh Besar

Di pintu gerbang Waduk Keliling, Anda akan diminta biaya retribusi Rp 10 ribu untuk satu sepeda motor. Anda juga bisa melewati jalan menuju ibu Kota Aceh Besar, Jantho untuk menuju ke Bukit Siron ini.

Di tengah perjalanan menuju perbukitan Siron Anda akan melewati hutan yang lebat. Di kawasan ini udara masih asri. Tidak ada retribusi parkir yang dikenakan bagi wisatawan untuk datang ke perbukitan Siron.

Bagi pelancong disarankan untuk membawa bekal sendiri lantaran tidak ada warung jajanan di area tersebut. Selain itu, para wisatawan juga perlu menyiapkan tenaga yang ekstra agar dapat mendaki hingga ke atas bukit.

Pesona Alam Perbukitan Siron Aceh Besar

Di atas bukit nanti Anda akan melihat hamparan sungai di setiap lereng gunung dan rumput ilalang yang begitu indah. Di setiap puncak bukit sangat cocok untuk spot foto bagi rakan-rakan acehinfo.id.

“Saya sering ke tempat ini, hampir beberapa kali setiap saya libur kerja,” kata Haqqi salah seorang pengunjung Bukit Siron.

Dia mengatakan kawasan lereng bukit itu memang sangat indah dan mudah dijangkau, sehingga lebih memilih berwisata ke Bukit Siron bersama kawan-kawannya.

Pesona Alam Perbukitan Siron Aceh Besar

“Saya pikir sangat rugi jika warga setempat atau masyarakat Aceh sendiri belum pernah kesini karena Bukit Siron ini masih sangat alami dan sangat cocok bagi keluarga,” kata Haqqi.

Selain itu, area Bukit Siron ini sangat cocok untuk berkemah bagi rakan-rakan acehinfo.id. Namun, wisatawan disarankan agar tidak membawa pasangan nonmuhrim untuk camping di sini.

Ups, bagi yang berencana ke perbukitan Siron untuk berwisata atau berkemah, jangan lupa bawa P3K karena lokasi wisata ini jauh dari pusat layanan kesehatan apabila terjadi kecelakaan di jalur pendakian.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS