31 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Ratusan Peserta Ikuti Kemsama Penggalang Sumut-Aceh 2024 di Langsa

LANGSA | ACEH INFO – Sebanyak 468 peserta mengikuti Perkemahan Bersama (Kemsama) tingkat penggalang se Sumatera Utara dan Aceh tahun 2024 di Bumi Perkemahan Swimbath, Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama.

Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka Aceh, Djufri Effendi, saat membuka kegiatan Kemsama ini, mengaku sangat berbangga dan besar hati karena Kemsama Gugus Depan yang dilaksanakan Kota Langsa punya sejarah bersama-sama dengan kehidupannya.

“Saya pernah menjadi pelaksana dari kemsama ini seperti sejak tahun 1.974 sampai dengan saat ini,” ujar Djufri.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan pengurus Gudep Langsa Kota yang telah menghidupkan kembali Kemsama yang sangat bergengsi ini.

Dirinya yakin dengan dimulainya Kemasama hari ini, nilai-nilai yang pernah didapatkan sebelumnya akan bangkit dan kembali dengan sistem perlombaan yang terus siperbarui.

“Atas nama Kwartir Daerah Aceh pihaknya memberikan apresiasi sebesar besarnya untuk kegiatan ini. Dan, Tahun 2025, kita akan membantu anggaran sebesar Rp 100 juta untuk Gugus Depan Langsa Kota 1920, yang nantinya dipergunakan untuk kegiatan ke-Pramukaan,” ucapnya.

Pj Wali Kota Langsa Syaridin, mengatakan kegiatan Pramuka memiliki peranan yang sangat strategis dalam membentuk generasi muda yang tangguh, berakhlak mulia, dan cinta tanah air.

Ratusan Peserta Ikuti Kemsama Penggalang Sumut-Aceh 2024 Di Langsa
Ketua harian kwarda gerakan pramuka aceh, djufri effendi, pj wali kota langsa, syaridin foto bersama tamu undangan, senin, 24 juni 2024. Foto: izal syafrizal

“Melalui kegiatan Kemah Bersama (Kemsama) ini, diharapkan Adik-adik semua dapat belajar banyak hal, mulai dari ketrampilan kepramukaan, kepemimpinan, hingga kemampuan untuk bekerja sama dalam tim,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di sekitarnya. Kegiatan kemah bersama ini memberikan kesempatan untuk lebih dekat dengan alam.

Oleh karena itu, jaga alam ini dengan tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan tempat kita berkegiatan. Alam yang bersih dan lestari adalah warisan berharga yang harus jaga bersama.

“Saya percaya bahwa melalui kegiatan seperti ini, Adik-adik semua dapat mengembangkan berbagai potensi diri, baik itu dalam aspek kepemimpinan, keberanian, keterampilan sosial, maupun kecintaan terhadap alam dan lingkungan,” kata Syaridin.

Ia mengapresiasi panitia penyelenggara Gugus Depan (Gudep) Langsa Kota, diharapkan kegiatan Kemsama ini dapat menjadi agenda tahunan kegiatan di gugus depan ini.

“Saya yakin, dengan kerjasama dan kerja keras kita semua, kegiatan kemah bersama ini akan berjalan dengan lancar dan sukses. Kepada para peserta kemah bersama, saya berpesan, manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-baiknya,” katanya lagi.

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan 01.077-01.078 Langsa Kota 19.20, Saifullah, dalam laporannya menyampaikan, bahwa Kemah Bersama (Kemsama) tingkat Penggalang tahun 2024 adalah kegiatan lanjutan Kemsama sebelumnya yang sudah dimulai sejak 1974 diikuti oleh gudep Aceh dan Sumatera.

Kemsama ini berlangsung sejak 23 sampai 28 Juni 2024 di Bumi Perkemahan Swimbath. Jumlah peserta kegiatan Kemsama berjumlah 468 orang baik dari Pramuka penggalang Kota Langsa, Tebing Tinggi, Langkat, pembina pendamping Aceh, Sumut, unsur panitia dan sanggar kerja/LO IAIN Langsa serta dewan juri Kwarda Aceh,” tandasnya.

Kegiatan itu dihadiri Forkopimda Langsa, Camat Langsa Lama, Reza Ardiansyah, Ketua Umum BPC HIPMI Langsa, M Indra Ibrahim, Ketua DP II AMPG Kota Langsa yang juga Caleg DPRK Langsa terpilih, Mukris Jumadi, Pj Geuchik Gampong Pondok Kemuning, Ibnu Azhar dan tamu undangan lainnya.[]

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS