31 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Rendy Umbara: Pelayanan Publik Sangat Penting bagi Proses Pemerintahan

BANDA ACEH I ACEH INFO – Pelayanan publik sangat penting dan merupakan inti dari proses pemerintahan, yakni membantu masyarakat agar lebih mudah dan lebih cepat memperoleh apa yang mereka perlukan seperti perizinan, pengurusan KTP dan lain-lain.

“Pelayanan publik yang baik, menjadi bukti nyata pemerintah hadir membantu masyarakat,” sebut salah seorang tokoh muda, Rendy Umbara, kepada acehinfo.id, Jumat, 5 Juli 2024.

Rendy menjelaskan, jika pelayanan publik dapat terpenuhi dengan baik, sesungguhnya dapat dikatakan 80 persen pelaksanaan pemerintahan sudah terlaksana, disanalah bukti pemerintah hadir atau tidak hadir dalam pemerintahan.

Kemudian, aparatur pemerintah diminta untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan paradigma pelayanan publik masa kini, pelayanan yang menyentuh hati.

“Aparatur itu harus melayani masyarakat, bukan sebaliknya minta dilayani,” ujar Rendy Umbara.

Peningkatan pelayanan publik merupakan upaya percepatan reformasi birokrasi dalam menciptakan pemerintah yang baik (goog governance). .

Menurut Rendy, pelayanan yang diberi aparatur pemerintah kepada masyarakat selama ini belum optimal.

Hal itu disebabkan beberapa kendala, seperti masih minimnya fasilitas pendukung, berbelit- belitnya birokrasi, tidak jelasnya waktu dan biaya serta prilaku aparatur itu sendiri.

“Untuk itu aparatur diminta meningkatkan pelayanan yang berbasisi pelayanan publik masa kini. Optimalisasi pelayanan kecamatan harus ditingkatkan, ubah paradigma wilayah kekuasan menjadi wilayah kerja,” tandasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS