29.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Tips Aman Berpusa Bagi Penderita Maag

Puasa merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap muslim, tak terkecuali bagi mereka penderita maag. Lalu bagaimana cara aman berpuasa bagi penderita penyakit asam lambung bermasalah itu, kami merangkumnya dari berbagai sumber untuk Anda.

Bebagai faktor bisa menjadi pemicu kambuhnya maag, termasuk pola makan tidak teratur, konsumsi makanan yang mengandung gas, dan stres. Kendati demikian penderita penyakit ini tetap bisa berpuasa dengan aman agar puasa yang dijalani tetap lancar, nyaman. Berikut beberapa tipsnya:

Jangan Lewatkan Makan Sahur

Hindari melewatkan waktu sahur karena dapat memperparah asam lambung di siang hari. Perut kosong selama seharian bisa membuat asam lambung naik, terlebih jika kamu tidak makan sahur. Tak hanya menjadi sumber energi selama berpuasa, makan sahur juga dapat mencegah asam lambung naik ke tenggorokan. Pilih menu sahur yang kaya serat karena lebih lama dicerna sehingga asam lambung tidak mudah naik.

Bukan berarti kamu bisa makan sepuas yang kamu mau saat sahur, makanlah dengan perlahan dan dalam jumlah secukupnya. Hindari makan dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu, dapat memicu munculnya keluhan, misalnya perut begah dan terasa penuh.

Jangan Menunda Waktu Berbuka Puasa

Jangan biarkan perut kosong semakin lama ya rakan, perut butuh mencerna makanan agar asam lambung yang diproduksi bisa digunakan untuk memecah makanan yang masuk ke tubuh. Sama halnya dengan melewatkan sahur, menunda berbuka juga bisa membuat gangguan asam lambung menjadi lebih buruk.

Makanlah Secara Perlahan

Makanlah dengan perlahan dan tidak terburu-buru. Kunyah makanan dengan baik agar memudahkan lambung mencerna makanan tersebut. Makanan yang tidak dikunyah dengan benar malah memicu asam lambung meningkat.

Makan yang Ringan

Berbuka puasa dengan makanan yang ringan untuk menghindari perut begah dan memicu penyakit maag, dan makannya dengan porsi kecil. Selain itu kamu juga baiknya menghindari beberapa makanan yang akan merangsang kenaikan asam lambung, seperti minuman bersoda, makanan pedas, makanan berlemak tinggi, makanan dan minuman berkafein, misalnya cokelat, kopi, dan teh serta makanan asam. Baik waktu sahur maupun berbuka, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya.

Tidak Langsung Tidur Setelah Makan

Wajar jika rasa kantuk datang usai sahur, tetapi sebaiknya kamu tidak langsung tidur setelah makan. Idealnya, kamu harus menunggu sekitar 3 jam setelah makan bila ingin kembali tidur. Tidur setelah makan hanya akan membuat gangguan asam lambung memburuk dan perut terasa tak nyaman.

Kendalikan Emosi

Last but not least, sebisa mungkin kendalikanlah emosi dan kelola stres dengan baik. Hal ini karena tujuan berpuasa bukan hanya untuk menahan rasa lapar, tetapi juga menahan hawa nafsu, seperti emosi marah dan sedih. Selain berpahala, ini juga dapat menurunkan risiko munculnya keluhan sakit maag.

Caranya, beristirahatlah sejenak jika Anda lelah dan lakukan sejumlah teknik relaksasi, latihan pernapasan, atau yoga ketika Anda merasa stres. Bila keluhan masih juga muncul meski Anda telah menerapkan tips puasa bagi penderita sakit maag seperti yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI