25.6 C
Banda Aceh
Saturday, November 27, 2021

270 Napi Lapas Bireuen Dapat Remisi

BIREUEN l ACEH INFO – Sebanyak 270 Narapidana (Napi) atau warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Bireuen, mendapat remisi pada HUT ke-76 RI tahun 2021 ini.

Pemberian atau penyerahan remisi umum kepada narapidana dan anak dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ini, berlangsung serentak di seluruh Indonesia, Selasa (17/8/2021).

Acara penyerahan resmi yang digelar di Lapas Kelas IIB Bireuen, turut dihadiri Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi, bersama para Forum pimpinan koordinasi daerah (Forkopimda) serta udnagan lainnya.

Dalam acara yang berlangsung sesuai dengan Protokol kesehatan (Protkes) itu, Kepala Lapas Kelas IIB Bireuen, Abas Ruchandar menyebutkan, sebanyak 270 warga binaan yang mendapat remisi tersebut, terdiri dari 263 laki-laki dan tujuh orang perempuan.

“Mereka yang mendapatkan remisi HUT ke-76 RI, maksimal mendapatkan pengurangan masa tahanan (remisi) sebanyak enam bulan, bertepatan dengan HUT RI ke-76 tahun ini tidak ada warga binaan yang bebas,” sebut Abas Ruchandar.

Dalam kesempatan tersebut, Abas juga mengatakan, sejak beberapa tahun lalu hingga kini, Lapas binaannya masih sangat over kapasitas. “Dari kapasitas 65 orang, kini jumlah warga binaan mencapai 478 orang,” sebutnya.

Dari 478 warga binaan itu, mereka terdiri dari 370 Napi laki-laki dan delapan Napi perempuan, serta 99 tahanan laki-laki dan seorang tahanan perempuan.

“Alhamdulillah Pemkab Bireuen sudah menyediakan lahan seluas 3 hektar di Kecamatan Juli untuk lokasi pembangunan Lapas baru yang lebih luas, hal ini juga sudah kami sampaikan ke atasan kami di tingkat provinsi untuk diteruskan ke pusat, untuk segera ditindaklanjuti,” harap Abas Ruchandar.

PENULIS : FERIZAL HASAN (BIREUEN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

info terkait

Penyerang Pos Polisi di Aceh Serahkan Diri ke Polisi

BANDA ACEH I ACEH INFO - Setelah melakukan berbagai tahapan yang melibatkan keluarga dan tokoh masyarakat, empat terduga pelaku penembakan Pos Polisi Panton Reu,...
info terkini
info populer
info random