30.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

7 Hektar Lahan Gambut di Nagan Raya Terbakar

NAGAN RAYA|ACEHINFO-Lahan gambut seluas tujuh hektar di Gampong Puloe, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya terbakar. Hingga kini petugas masih terus melakukan pemadaman.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), kebakaran itu awalnya terjadi pada Selasa, 24 Mei 2022, sekitar pukul 12.30 WIB. Belum diketahui pemicu kebakaran itu.

Saat ini api baru berhasil dipadamkan sekitar 80 persen, karena terbatasnya sumber air, serta sulitnya akses jalan untuk menuju lokasi kebakaran. Pun begitu, BPBD Kabupaten Nagan Raya telah menurunkan mesin pompa air ke lokasi.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan metode membakar.

Sebab saat ini wilayah Aceh sudah memasuki musim kemarau. Suhu udara mencapai 36,2 derajat Celsius, sehingga lebih mudah menyebabkan terjadinya kebakaran lahan.

“Saat ini kondisi cuaca kita memang sedang panas karena memang sudah musim kemarau dan curah hujan juga sangat sedikit, maka kita imbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan metode membakar, kalau sedang kering, lahan gambut itu kena puntung rokok saja bisa terbakar,” ujar Zakaria.[]

LAPORAN: AGAM KHAILILULLAH

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS