26.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

827 Santri Ikuti Seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Quran Baitul Mal Aceh Tamiang

KARANG BARU | ACEH INFO – Sebanyak 827 santri mengikuti seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Baitul Mal Kabupaten (BMK) Aceh Tamiang.

Seleksi beasiswa tahfidz ini digelar di Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang, Gedung Islamic Centre Lantai II selama tiga hari, sejak 4 hingga 6 September 2023.

Peserta seleksi dibagi menjadi tiga kategori yakni kategori hafalan 1 juz, kategori 3 juz, kategori 5 juz, 10 juz, 20 juz dan kategori 30 juz.

Ketua BMK Aceh Tamiang, Nurdin OK, kepada wartawan, Senin, 4 September 2023, mengatakan peserta yang mengikuti seleksi beasiswa tahfidz ini merupakan warga Kabupaten Aceh Tamiang. Peserta akan diuji dari 3 penguji Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Aceh Tamiang yakni Ust.Zainul Abidin, Ust. Muchsin dan
Ustazah Sumainah.

“Semua peserta merupakan santri asal Aceh Tamiang. Mereka santri di pondok pesantren, sekolah dan TPA tahfidz baik yang berada di dalam maupun luar daerah Aceh Tamiang,” ungkap Nurdin.

Ia menjelaskan, peserta diseleksi dari hari Senin sampai dengan Hari Rabu. Untuk hari Senin (04/9/2023) seleksi dilakukan untuk kategori 1 juz. Selanjutnya hari Selasa (5/9/2023) seleksi dilakukan untuk kategori 3 juz dan 10 juz.

Kemudian, untuk pelaksanaan, Rabu 6 September 2023, seleksi dilakukan untuk kategori 5 juz, 20 juz dan 30 juz.

“Untuk kategori 1 juz diikuti 303 peserta, kategori 3 juz diikuti 130 peserta, kategori 5 juz diikuti oleh 169 peserta, kategori 10 juz diikuti 136 peserta, kategori 20 juz diikuti 58 peserta dan kategori 30 juz sebanyak 31 peserta. Jadi total peserta yang mengikuti seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an yaitu sebanyak 827 peserta,” ujar Nurdin.

Nurdin menambahkan, tujuan pemberian beasiswa tahfidz untuk memotivasi semangat para santri asal Aceh Tamiang yang memiliki niat mulia untuk menghafal Al Quran.

“Untuk kategori 1 juz akan dipilih sebanyak 100 orang, kategori 3 juz  sebanyak 75 orang, kategori 5 juz sebanyak 85 orang, kategori 10 juz sebanyak 50 orang, kategori 20 juz sebanyak 25 orang dan kategori 30 juz akan dipilih sebanyak 15 orang,” ungkap Nurdin.

Sementara itu, salah satu pimpinan lembaga tahfidz di Aceh Tamiang yaitu Yayasan Pendidikan Raudhatut Tahfidzil Qur an Zamzami (TPQ, Balai Pengajian & Rumah Tahfidz) yang terletak di Kampung Alur Cucur Kecamatan Rantau, T.M.Zamzami, mengapresiasi program pemberian beasiswa tahfidz dari Baitul Mal Aceh Tamiang tersebut.

“Program Baitul Mal Aceh Tamiang ini bagus sekali, dan sangat membantu untuk mengembangkan potensi para santri khususnya asal Aceh Tamiang di bidang hafalan Al-Qur’an,” kata Ustad Muhammad Zamzami.

Ia menyarankan, ke depan Baitul Mal Aceh Tamiang bisa mempertahankan program tersebut, karena sangat membantu para santri untuk memotivasi dalam menghafal Al-Quran.

Ustadz Zamzami berharap, dengan adanya pemberian beasiswa tahfidz ini akan mencetak generasi muda Aceh Tamiang yang cinta Al Quran. “Harapannya untuk ke depan Baitul Mal Aceh Tamiang bisa menambah lagi kuota beasiswa santri tahfidz ini,” pungkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS