Newspaper Theme
Newspaper Theme

INFO POPULAR

9 Januari dari Tragedi Gedung KNPI Hingga Pertempuran Gallipoli

Sponsored by

BANDA ACEH | ACEH INFO – Ada peristiwa apa pada 9 Januari di Aceh? Pertanyaan tersebut terkadang muncul di benak sebagian orang, sesaat membuka mata dan melihat kalender berdasarkan penanggalan Masehi yang jatuh hari ini.

Diketahui, terdapat berbagai peristiwa dari belahan dunia dan bahkan di Aceh yang terjadi pada tanggal ini, seperti yang dirangkum acehinfo.id, Minggu, 9 Januari 2022.

Apa saja itu?

9 Januari 475

Kaisar Romawi Timur, Zeno, dipaksa keluar dari ibukota negara Konstantinopel dalam sebuah aksi pemberontakan. Sementara jenderalnya, Basiliscus merebut kekuasaan dan menempati singgasana.

9 Januari 1792

Perjanjian Jassy antara kekaisaran Rusia dan Ottoman Turki ditandatangani di Kota Jassy atau dikenal Lasi, Rumania. Perjanjian itu mengkahiri perang kedua negara yang telah berlangsung mulai 1787.

9 Januari 1839

Akademi ilmu pengetahuan Prancis mengumumkan proses Daguerreotype, sebuah metode atau proses untuk membuat foto. Metode pencetakan ini diciptakan untuk kali pertama oleh Louis Daguerre dan Nicophore Niepce pada 1834.

9 Januari 1900

Klub Societa Podistica Lazio atau akrab disapa Lazio dibentuk di Roma. Klub sepak bola yang memiliki julukan Biancocelesti, yang berarti putih-biru langit, kelak menuai segudang prestasi.

9 Januari 1909

Kolombia mengakui kemerdekaan Panama.

9 Januari 1916

Kerajaan Ottoman menang dalam pertempuran Gallipoli melawan Britania Raya dan Prancis. Kedua negara tersebut mendapat bantuan dari Australia, Selandia Baru, India, dan Newoundland. Perang Gallipoli terjadi lantaran Britania Raya dan Prancis hendak menyediakan jalur perdagangan untuk Rusia. Perang ini menelan korban jiwa mencapai 130.784 jiwa. Inggris dan sekutu kalah perang dalam perebutan kota Gallipoli yang menyebabkan 250 ribu pasukan sekutu terluka parah dan 48 ribu prajurit tewas. Penyerangan brutal di Gallipoli ini tercatat sebagai salah satu kekalahan terbesar Inggris dan kawan-kawan pada Perang Dunia I.

9 Januari 1927

Kebakaran hebat terjadi di gedung teater Laurier Palace di Kota Montreal, Quebec, Kanada. Sebanyak 78 anak tewas dalam insiden itu.

9 Januari 1945

Amerika Serikat menginvasi daerah Pulau Luzon, Filipina, saat perang Dunia II.

9 Januari 1951

Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nation/UN) resmi membuka markasnya di kota New York, Amerika Serikat.

9 Januari 1957

Perdana Menteri Inggris, Robert Anthony Eden, mengundurkan diri setelah dua tahun menjabat.

9 Januari 1960

Pemerintah Daerah Aceh bersama Penguasa Perang Daerah Aceh (Peperda) membentuk panitia persiapan pembangunan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) pada 9 Januari 1960. Fakultas ini didirikan di Kompleks Pelajar dan Mahasiswa (Kopelma) Darussalam dan menjadi bagian dari Universitas Sumatera Utara. Fakultas tersebut kemudian dintegrasikan ke dalam Universitas Syiah Kuala pada 27 April 1962.

9 Januari 1995

Kosmonot Rusia, Valeri Vladimirovich Polyakov, genap 336 hari berada di luar angkasa. Ia tinggal di stasiun luar angkasa, Mir.

9 Januari 1999

Puluhan tentara dari berbagai kesatuan menangkap 40 warga di sejumlah gampong di Lhokseumawe. Mereka kemudian dibawa ke Gedung KNPI yang letaknya tidak jauh dari rumah Komandan Korem 011 Lilawangsa. Usai buka puasa, para tahanan tersebut kemudian mendapat siksaan dari para tentara yang mengamuk. Dari data KontraS Aceh disebutkan, para tentara itu berasal dari Denrudal 001, Yonif 131/YS, Yonif 111/KB, Den Belang RFM 011/Lilawangsa, Makodim 0103/AUT, Makorem 011/LW. Mereka dipimpin oleh Mayor Bayu Nadjib. Sebanyak lima dari 40 lebih warga yang menjadi tahanan tersebut meninggal dunia. Dua diantara korban meninggal dunia seketika saat penyiksaan tersebut terjadi. Sementara tiga lainnya meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit. Peristiwa tersebut kemudian dikenal dengan Tragedi Gedung KNPI.

9 Januari 2005

Mahmoud Abbas memenangkan pemilihan Presiden Palestina. Dia meraih 62,52 persen suara dan mengalahkan enam kandidat lain.

9 Januari 2011

Pesawat Iran Air dengan nomor penerbangan 277 jatuh di dekat Bandara Urmia, Iran, dan menewaskan 77 orang.[]

Newspaper Theme

TERKINI