28 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Aceh Masih Berpotensi Hujan Hingga Tiga Hari Kedepan

BANDA ACEH | ACEH INFO – Aceh masih berpotensi hujan dalam tiga hari ke depan. Hal tersebut disebabkan adanya pengaruh belokan angin serta konvergesi massa udara di sekitaran Aceh.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda-Banda Aceh, Zakaria, Jum’at, 27 Januari 2023.

“Hujan yang mengguyur Aceh beberapa hari ini dipengaruhi oleh gangguan atmosfir berupa Ressby Equator, yaitu pergerakan udara basah di equator dari timur ke barat,” ujar Zakaria menjawab acehinfo.id.

Menurutnya siklon tropis atau badai yang terekam di kawasan Samudera Hindia secara teori tidak akan mendekat ke garis khatulistiwa. Hal tersebut disampaikan Zakaria setelah adanya pesan yang masuk di jejaring media sosial terkait adanya bibit badai tropis di Samudera Hindia—yang jaraknya dekat dengan Aceh.

“Bila kita perhatikan gambar pusaran angin yang ada tersebut, dia bergerak ke arah barat daya Aceh atau menjauh ke Aceh, ke Samudera Hindia,” kata Zakaria menganalisa gambar siklon badai tropis yang diperlihatkan media ini.

Aceh Masih Berpotensi Hujan Hingga Tiga Hari Kedepan

Meskipun demikian, Zakaria tidak menampik adanya pengaruh secara tidak langsung untuk Aceh dengan adanya siklon badai tropis tersebut. Keberadaan siklon tropis di Samudera Hindia tersebut memicu terjadinya belokan serta konvergesi massa udara di sekitaran Aceh.

“Hujan masih bisa berlangsung dua atau tiga hari kedepan, nanti kita up date lagi. InsyaAllah,” pungkas Zakaria.

Sebelumnya BMKG melalui akun twitter resminya telah mengeluarkan peringatan dini tentang hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada Jumat, 27 Januari 2023.

Wilayah yang disebut diguyur hujan dari pukul 16.56 WIB tersebut mulai Aceh Tengah, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Besar, Pidie, Aceh Utara, dan Simeulue.

Selain itu, hujan juga disebut melanda kawasan Aceh Singkil, Gayo Lues, Aceh Jaya, Aceh Tamiang, Pidie Jaya, Banda Aceh, serta Subulussalam.

Masih berdasarkan data yang dirilis BMKG melalui akun Twitter tersebut, potensi hujan pada Jumat petang juga meliputi Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Bener Meriah, serta Lhokseumawe.

“Kondisi ini diperkirakan masih berlangsung hingga pukul 20.17 WIB,” bunyi peringatan dini yang dikeluarkan BMKG tersebut.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS