28.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Aktivis Perempuan dan Anak Apresiasi Pemko Langsa Bongkar Prostitusi Online

LANGSA | ACEH INFO – Aktivis perempuan dan anak dari Yayasan Anak Merdeka (YAMA), Nazarruddin memberikan presiasi kepada Pemerintah Kota Langsa yang telah membongkar praktik prostitusi online.

Acut Nazar sapaan akrab Nazaruddin, mengucapkan terima kasih kepada Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah bersama Sat Reskrim Polres Langsa telah mengungkap sindikat prostitusi online yang beberapa waktu lalu viral di media sosial.

Menurutnya, prostitusi online telah menjadi modus baru bagi pelaku perdagangan manusia. Apalagi dalam kasus yang digerebek beberapa malam lalu melibatkan bayi yang masih sangat kecil.

Kata Nazar, praktik prostitusi online yang melibatkan anak semakin meningkat jumlahnya. Karenanya, dia berharap kasus itu terus terungkap dan dibutuhkan kerjasama berbagai elemen masyarakat dan pemerintah daerah untuk membersihkan aktivitas gelap dunia hitam tersebut.

Baca juga: Satpol PP dan WH Langsa Gerebek Lokasi Prostitusi Online, Empat Pelaku Diamankan

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung langkah Satpol PP dan WH atas penggerebekan lokasi prostitusi online yang dibackup Sat Reskrim Polres Langsa. YAMA selalu siap bekerja sama dengan Pemko Langsa dalam mendukung bahkan memberantas penyakit masyarakat,” ucap Nazar.

Nazar berharap ke depannya aparat penegak hukum untuk lebih besar menegakkan hukum sesuai dengan Undang-Undang No. 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perubahan UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak (PA) dan juga bisa ditambahkan dengan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Meskipun dalam pemberantasan kasus prostitusi kerap ditemukan hal dilematis misalnya sang PSK memiliki anak usia dini, sehingga proses penanganan membutuhkan beberapa pertimbangan.

“Memang ada hal dilematis yang dialami petugas dalam penanganan karena pertimbangan kondisional pelaku yang memiliki balita sehingga hanya bisa diberikan pembinaan,” lanjut Nazar.

Dirinya berharap sinergisitas antar OPD Pemerintah Kota Langsa dan elemen masyarakat, sehingga dapat meningkatkan langkah kolaboratif dalam menciptakan suasana aman dan nyaman di daerah ini,” pungkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS